Start

Rabu, 24 Mei 2017

Shot Course Islam dan Gender



SHORT COURSE ISLAM DAN GENDER
“MENGEMBANGKAN PERSPEKTIF MUBAADALAH (RESIPROSITI DALAM KAJIAN KEISLAMAN ADIL & GENDER”

Hari, Tanggal            : Selasa, 23 Mei 2107
Pemateri 1                  : KH Marzuki Wahid
Peserta                        : 25 orang
Oleh                            : Nur’aeni
Instansi                       : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

APA ITU GENDER?
Gender merupakan suatu ilmu yang masuk ke dalam kategori ilmu social dan budaya yang membicarakan tentang ciri-ciri laki-laki dan perempuan yang diperoleh dari hasil kontruksi social. Dalam hal ini, gender bersifat tidak permanen atau bisa dirubah sesuai kemauan dan juga bisa dipertukarkan perannya baik oleh laki-laki ataupun perempuan.

KENAPA GENDER ITU MUNCUL???
Para ilmuwan social seperti halnya Karl Mark, Mark Weber, Emil Durkheim, Antonio-Gramsci telah menjelaskan teori sosialnya mengenai bentuk ketidakadilan yang terjadi. Akan tetapi, mereka belum menganalisa tentang relasi social antara laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, munculnya teori gender sebagai pelengkap teori-teori social sebelumnya yang dimana di dalam gender itu sendiri menjelaskan tentang pembahasan bagaimana relasi laki-laki dan perempuan yang berkeadilan. Gender merupakan sebuah ilmu yang bersifat ilmiah.


SEX DAN GENDER???
Sex dan gender mempunyai arti yang berbeda dan tidak bisa disamakan. Jika ada yang mengartikan bahwa sex dan gender adalah sama maka hal itu masih sangat keliru. Oleh karena itu, sebelum memahami lebih dalam tentang gender, harus memahami terlebih dahulu apa itu sex dan apa itu gender agar tidak terjadi kesalah pahaman. Dalam hal ini bisa dilihat bagaimana ciri-ciri laki-laki dan perempuan berdasarkan sex dan berdasarkan gender, sebagai berikut : 

Berdasarkan Sex
 Laki-laki
Perempuan
Penis
Vagina
Sperma
Rahim
Jakun
Ovum
Hormon Testoteron
Hormon Progesteron
Testis
Hormon Estrogen

Clitoris












Berdasarkan Gender
Laki-laki
Perempuan
Kuat
Lemah
Berani
Pemalu
Rasional
Baper
Superior
Inferior
Banyak masuk surga
Banyak masuk neraka
Pemimpin
Makmum
Publik
Domestik

Jadi, dari table di atas menjelaskan bahwa sex adalah ciri-ciri laki-laki dan perempuan berdasarkan jenis biologis yang sifatnya fisik, kodrati, tidak bisa dipertukarkan, pemberian Tuhan, dan universal. Sedangkan gender sendiri menjelaskan jenis kelamin social yang sifatnya bisa dipertukarkan, karena hasil dari kontruksi social, budaya, bukan sebagai kodrat dan gender berkaitan erat dengan peran, sifat dan perilaku yang bisa dirubah.
Fasilitator pun memunculkan pernyataan yang berbunyi demikian :
“Jender pada dasarnya tidak perlu dipermasalahkan kecuali menimbulkan ketidakadilan”.
Bentuk-bentuk ketidakadilan dalam gender terbagi menjadi 5, diantaranya :
1.      Subordinasi (tidak diutamakan)
2.      Marginalisasi (terpinggirkan)
3.      Steorotip (pelabelan negative)
4.      Double burdens (beban ganda)
5.      Kekerasan (fisik, psikis, sexual, ekonomi)

MENGAPA KITA PERLU MEMAHAMI GENDER ?
Karena dalam kehidupan social sehari-hari tidak terlepas dari relasi laki-laki dan perempuan.

SEX DAN SEKSUALITAS
Secara etimologi, sex adalah alat kelamin. Sedangkan seksualitas merupakan konsep yang luas, meliputi beragam aspek atau bisa juga suatu isu yang masih sensistif karena diartikan/dipahami secara berbeda-beda. Seksualitas itu sendiri meliputi :
·         Birahi
·         Identitas seksual
·         Orientasi seksual
·         Ekspresi seksual
·         Perilaku seksual
·         Kesehatan seksual



ORIENTASI SEKSUALITAS
Orintasi seksualitas merupakan sebuah pilihan seksual yang beragam. Model bentuknyapun beragam. Biasanya orientasi seksual itu lebih berkaitan bagaimana untuk memuaskan seksualitas dirinya. Ada beragam jenisnya seperti halnya para LGBTIQ (Lesbian, gay, biseksual, transgender, interseks, Queer.

POLA PERUBAHAN PERAN GENDER
Pola perubahan gender menurut pemaparan yang disampaikan oleh fasilitator adalah sebagai berikut tabelnya :
Masyarakat
Tradisional-Konvensional (dikotomis)
Modern (Fleksibel)
Pola Kerja
Laki-laki
Perempuan
Laki-laki
Perempuan
Publik
Ya
Tidak
ya
Ya
Domestik
Tidak
Ya
???
Ya
Produksi
Ya
Tidak
Ya
Ya
Reproduksi
Tidak
Ya
???
Ya
Komunitas
Ya
Ya
???
Ya

ASPEK-ASPEK KEADILAN GENDER
Dalam kajian gender, terdapat 4 aspek di dalamnya yang berkaitan dengan keadilan gender, diantaranya :
·         Akses
·         Partisipasi
·         Kontrol
·         Manfaat
PELEMBAGAAN & PELANGGENGAN KETIDAKADILAN GENDER
Seperti yang sudah dinyatakan oleh fasilitator bahwa gender tidak perlu dipermasalahkan terkecuali menimbulkan suatu ketidakadilan. Ketidakadilan gender tentunya berkaitan dengan kontribusi-kontribusi yang sifatnya umum yang dimana hal tersebut berjalan secara tersistem dan terstruktur yang satu sama lain saling berkaitan. Kontribusi-kontribusi tersebut bisa berupa penafsiran teks agama yang salah menafsirkan, kebijakan public, budaya patriarki, Pendidikan, dan sebuah idiologi kapitalisme pun sangat berkontribusi sekali terhadap terjadinya ketidakadilan gender tersebut. Sehingga pemahaman masyarakat terhadap gender itu menjadi bias. Oleh karena itu, agar tidak terjadi bias gender kita bisa memulai dari diri kita dan dimulai dari lini yang terkecil yaitu keluarga. Sebagai bentuk atau perilaku yang tidak bias terhadap gender, maka dari itu solusinya bisa dengan menjadikan sebuah keluarga yang bermitrakesetaraan. Artinya hal-hal yang berkaitan dengan kerja produktif dan kerja reproduktif itu bersifat seimbang antara laki-laki dan perempuan. Tentunya harus dilalui dengan kesepakatan-kesepakatan yang telah disepakati bersama.

FEMINIS/FEMINISME
            Seperti yang telah kita ketahui bahwa ketidakadilan gender itu kebanyakan terjadi pada perempuan. Hal tersebut tentunya disebabkan karena kontruksi-kontruksi social yang sudah lama terbentuk di benak masyarakat sehingga menjadi sebuah paradigma yang sifatnya general atau umum. Ketidakadilan tersebut bahkan nyaris perempuanlah yang lebih banyak disalahkan dibanding laki-laki. Oleh karena itu, muncullah gerakan yang dinamakan feminis sebagai bentuk untuk memperjuangkan hak-hak perempuan yang hilang agar kembali mendapatkan keadilan dan tidak terus menerus mengalami ketertindasan.
            Feminis berupa gerakan yang idiologinya disebut dengan feminisme. Feminisme itu sendiri terbagi menjadi berbagai aliran. Aliran-aliran yang dipaparkan oleh fasilitator adalah sebagai berikut :
·         Feminisme Marxis
·         Feminisme Radikal
·         Feminisme Sosialis
·         Feminisme Kontemporer
·         Feminisme Muslim
Jadi, idiologi feminisme itu tidak berdiri sendiri, melainkan diikuti dengan aliran-alirannya. Ketika kita hanya mengenal bahwa gerakan feminis itu radikal dan turunan dari barat maka hal itu tidaklah disalahkan. Karena memang ada feminisme yang sifatnya radikal. Tapi, kita sebagai seorang pembelajar jangan langsung menggeneralkan bahwa semua feminis itu gerakannya radikal. Kita harus melihat bahwa ada seorang tokoh seperti Musda Mulia, dia seorang feminis muslim dimana ia tidak menghilangkan suatu idiologinya sebagai seorang muslim. Ia tetap menjunjung tinggi keislamannya dengan cara berpakaian yang ia kenakan sebagai salah satu identitas kemuslimannya.
Itulah catatan untuk pembelajaran hari ini. Saya merasa senang sekali bisa mengikuti pelatihan islam dan gender ini. Ini merupakan kesempatan luar biasa bagi saya. Dengan mengikuti pelatihan ini, pemahaman negative mengenai gender menjadi berkurang. Awal saya mendengar kata gender langsung berpikiran bahwa gender itu produk barat dan pasti gerakannya radikal. Tapi, setelah mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh Bapak KH Marzuki Wahid dengan metode yang begitu sederhana dan tersistematis menjadikan diri saya semakin ingin lebih memahami tentang gender agar tidak lagi salah memahami. Terlebih lagi disini dijelaskan bahwa gerakan feminis sebagai gerakan untuk menuntut ketidakadilan itu tidak hanya yang bersifat radikal saja, melainkan aliran feminis itu sendiri terbagi-bagi lagi dan salah satu alirannya ada yang dinamakan aliran feminisme muslim. Sebelumnya aku penasaran sebenarnya gerakan feminis yang dianut oleh Pak Marzuki itu feminis apa. Eh ternyata diakhir ada penjelasan mengenai feminis muslim. Saya kira jawabannya sudah terjawab di dalam materi yang disampaikan tersebut.
Lalu, jika berbicara soal keganjalan, tentunya ada yang masih mengganjal dalam benak pikiran saya tentang kesetaraan gender itu sendiri. Selama gerakan-gerakan feminis itu ada, apakah teriakan mengenai kesetaraan gender itu sudah terjadi dan akan terjadi menjadi setara antara laki-laki dan perempuan??? lalu terkadang ada orang yang salah memahami arti gender itu sendiri, sehingga ketika ia mempelajari gender yang ada bukanlah kesetaraan yang terjadi, justru salah satu diantara laki-laki dan perempuan itu ada yang masih tertindas. Contohnya perempuan menjadi semakin ngelunjak kepada laki-laki. Dan hanya menuntut keadilannya saja tanpa memperhatikan keadilan laki-laki itu sendiri.
Yang harus dilakukan oleh diri saya adalah terus mempelajari kajian tentang gender lebih mendalam agar tidak terjadi lagi yang namanya bias gender dalam kehidupan social masyarakat. Setelah sudah mulai memahami secara mendalam selanjutnya bisa disosialisasikan kajian gender ini kepada masyarakat umum.
Mengenai evaluasinya mungkin tentang kepesertaan yang lebih didominasi oleh perempuan. Sebaiknya dalam pelatihan gender yang seperti ini akan lebih baik lagi jika pesertanya seimbang antara laki-laki dan perempuan agar pembelajaran dan pemahaman tentang gender akan lebih sempurna dan lebih mudah untuk bisa membangun bentuk keadilan gender antara laki-laki dan perempuan.
Terima kasih…
Masih terus berproses ….

Kamis, 02 Maret 2017

Kuliah Tingkat 3

Semester 6 itu penuh dengan kejutan!
Entah kejutan apa lagi yang akan aku dapatkan.
Tahukah temen2. ..
Di kuliah ku yang sudah memasuki tingkat ketiga ini membuat pikiranku semakin bertambah pusing. Kepala nyut-nyutan, hati ga karuan pikiran belum sinkron sudah dihadapi dengan sebuah hantu yang bernamakan proposal skripsi. Tentunya sebelum itu aku harus mempunyai fokus terlebih dulu. Tapi apa sekarang?
Aku belum juga menemukan ...
Aku bingung, aku masih belum tau fokusku kemana?
Mungkin teman-temanku yang lain merasakan hal sama seperti aku.

Aku uda coba browsing ngintip-ngintip journal orang. Ya berharap mendapatkan inspirasi gitu. ..
Yah semoga segera dimantepkan lah....
Aku berdoa semoga teman-temanku yang lain sudah mendapatkan fokusnya dan sudah langsung menggarap proposalnya itu. Begitupun dengan aku...
Kuatkan Tuhan!
Beri jalan keluar....
Aamiinnn...

Aku dan teman-temanku ingin segera lulus...
Ga mau berlama-lama..
Ingin segera terbang dan mengepakkan sayap ke sebrang jalan sana....
Ingin terbang tinggi bebas ke angkasa yang sangat luas ...
Ku mohon.....
Tunjukkanlah jalannya...

Ibuku Seorang Figur Utama dalam Hidupku

Luar biasa! Entah mengapa hari-hariku semakin bahagia. Terima kasih Tuhan. Aku melihat ibuku bahagia. Melihat kakak-kakakku bahagia. Melihat adik-adikku bahagia. Terlebih melihat ponakan-ponakan kecilku. Bahagiaku selalu bertambah. Mungkin itu yang dinamakan berkah. Yah semoga!
Aku pikir jerih payah ibuku dulu, kini mulai membuahkan hasil. Ibuku dulu, ketika anak-anaknya masih kecil, masih suka pada nangis, ngrengek, rebutan ini itu, minta ini itu selalu di sabarin dan dihadapin. Ibuku rela selama belasan tahun ga suka pergi kemana-kemana. Maksudnya disini dia lebih fokus bekerja mencari nafkah untuk anak-anaknya semenjak sepeninggal suaminya. Boro-boro ke mol, berwisata pun ibu ku hampir ga pernah. Meski aku lihat ibu- ibu yang lain suka pergi jiarah sana sini, wisata sana sini, belanja ini itu. Fokus ibuku hanya satu,
Bagaimana supaya anak-anak yang masih kecil itu bisa makan. Udah itu aja. Kalau pun dia mempunyai keinginan untuk menyenangkan dirinya sendiri dia lebih dulu melihat bagaimana keadaan anak-anaknya nanti jika ia hanya menuruti keinginannya saja. Anak-anaknya ga ada yang ngurus selain dia yang menanggung bebannya. Ibuku selalu menghilangkan egonya.
Lihat sekarang, kini anak-anaknya sudah tidak banyak permintaan. Bahkan kini anak-anaknya berkeinginan bagaimana agar ibuku selalu bahagia dan bisa memenuhi keinginannya. Mau jiarah bisa, mau pergi kesana sini bisa. Itu karena anak-anaknya sudah tidak ada yang mengusiknya seperti dulu. Ibuku kini sudah terlihat bebas. Terlihat senang, semakin bersyukur.

Aku perlu mencontoh sifat ibuku. Tapi entahlah apakah ku bisa seperti dirinya yang begitu kuat, tangguh, sabar dan menerima segala hal yang terjadi pada dirinya. Aku bangga dilahirkan dari seorang ibu seperti ibuku. Semoga anak- anak lain pun demikian. Selalu membanggakan ibunya. Setiap anak tak heran jika bangga terhadap ibunya. Itu sudah menjadi keharusan.
Banggalah terhadap ibumu kawan. Dan perhatikanlah bagaimana jurus-jurus andalan yang ia miliki dalam menghadapi sebuah permasalahan yang ada. Tirulah hal yang baik dari ibumu sendiri. Karena ibumu adalah figur terdekat yang bisa kamu jadikan sebagai idolamu. Jangan dulu yang lain...
Berbahagialah selalu kawan...
Aku selalu berusaha untuk hidup bahagia meski terkadang bahagia ku semu. Dari kesemuan semoga menjadi bahagia yang sebenarnya...

Terima kasih Tuhan.
Tak mampu lagi aku mengungkapkan kebahagiaanku ini. Jika aku terlalu berlebihan maafkan...
Inilah aku yang terkadang suka lebay dan mengada-ngada.
Ampunkan....

Tapi sungguh kini aku bahagia.....
Semoga orang yang berada didekatku pun selalu merasakan kebahagiaan dan berusaha untuk ikut bahagia.
Aku ga mau melihat kesedihan di hidupku. Karena jika yang kita rasa adalah kesedihan ya memang kesedihan lah adanya. Tapi alihkanlah kesedihan itu ....

Jangan lupa bahagia. Kalau memang lupa tidur saja.... :) ;) 😁
Selamat pagi kawan....

Rabu, 02 November 2016

Dakwah Melalui Kearifan Lokal Menuju Transformasi Sosial




Dalam Acara Stadium General Jurusan KPI

Sekilas Stadium General
            Melihat dari judulnya saja, saya terspesona untuk mengikuti acara stadium general ini, apalagi yang membawakan adalah Ki Entus  seorang dalang kondang yang menjadi Bupati Kabupaten Tegal yang kental dengan ke NU annya . Gedungpun sangat penuh meskipun acara tak sesuai dengan jadwal menunggu dalang yang sampai siang belum datang juga. Para mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai jurusan pun rela menunggu seorang dalang yang belum juga datang. Entah apa yang dipikirkan mahasiswa dan mahasiswi pada waktu itu, apa mereka antusias terhadap judulnya, antusias terhadap judulnya ataupun antusias terhadap absen UTS yang diberikan oleh dosen dalam acara tersebut. Karena saya melihat bukan kelas PMI semester 5 saja sedang melaksanakan UTS pada acara tersebut. 

Dalang Tak Kunjung Datang
            Saya datang sekitar pukul 08.00 Wib beserta teman-teman kelas PMI semester 5, sampai ditempat acara gedung sudah penuh  para mahasiswa mahasiswi, acara pertama dibawakan oleh panitia jurusan KPI. Seperti acara-acara biasanya acara tersebut diawalai dengan pembacaan ayat suci alquran dan seterusnya. Sekitar satu jam an susunan acara yang dibawakan oleh panitia  telah selesai. Tapi dalang tak kunjung datang juga, kemudian acara yang dipimpin panitia langsung di isi pementasan pertama dari jurusan KPI, akan tetapi tetapi dalang tak juga kujung datang. Akhirnya seorang panitia menawarkan kepada para hadirin untuk mementaskan apa yang mereka punya. Berbagai jurusan pun ikut andil alam acara tersebut, ada yang bernyanyi, berpuisi, sholawatan, tari dan lain-lain. Sekitar kurang lebih 2,5 jam an acara itu berjalan sambil menunggu seorang pemateri dalang kondang asal tegal tersebut. Kira-kira itu yang saya alama ditempat acara pada saat itu. Jenuh memang jenuh menunggu lama sekali, karena bukan hanya saya saja yang mengatakana tersebut, teman-teman dan orang-orang disekeling saya juga merasakan itu, kapan sih Ki Entus datang? Akan tetapi karena profesionalannya panitia dalam mengatur acara tersebut acara tetap berjalan dan gedung masih dipenuhi oleh para dosen, mahasiswa-mahasiswi meskipun banyak dari orang-orang yang keluar masuk acara tersebut. Akhirnya sekitar pukul 11.00 an Dalang Ki Entus datang juga dan disambut meriah oleh para hadirin yang antusias terhadap acara tersebut. 

Isi Pemahasan Ki Entus
a.      Siapa itu Ki Entus Suswono?
            Namanya begitu tenar dikalangan Nahdiyyin dan masyarakat lainnya, dia adalah seorang budayawan asal kabupaten Tegal sekaligus bupati asal kotanya itu. Dia berdakwah melalui seni wayang yang meruapakan seni tradisional asli Indonesia, yang pada saaat dulunya sebagai salah satu media dakwah sunan kalijaga dalam menyebarkan agama islam. Meneurut dia seluruh bentuk postur badan wayang itu mencirikan lafadz Muhammad yang merupakan nabi orang islam. Mulai dari tangan kaki,sampai kepala dan badannya, yakni lafadz huruf Mim, Kha, dan Dal. Ia juga mempunyai grup yang bernama wayang santri yang dipentaskan bersama teman-temannya. Pementasan wayang santri sudah kemana-mana, terakhir kali ia menuturkan di Cirebon yakni di pondok pesantren Kempek dan Buntet. Tidak hanya di indonesia saja wayang kulit tersebut dipentaskan tetapi juga di luar negri pun ai dipentaskan. 

b.      Dakwah Tak Harus Di Gedung
            Awal memulai dengan kalimat Manjing Ajur Ajeng, menurutnya dakwah tidak harus ditempat gedung seperti ini, akan tetapi seharusnya acara ini ditempat umum sehingga masyarakat bisa ikut serta dalam menyerap ilmu pengetahuan, bukan hanya untuk kalangan akademis saja. Mereka yang non akademis juga berhak mendapatkan ilmu pengetahuaan. 

            Seorang pendakwah seharusnya jangan terlalu sibuk dengan urusan label halal dan haram untuk masyarakat, tanpa mengetahui kenapa orang bisa melakukan perbuatan halal dan haram. Menurutnya seorag pendakwah seharusnya mencontoh cara dakwahnya Nabi Muhammad, yakni dicintai oleh umatnya dan dihormati oleh para musuhnya. Hal inilah yang  perlu dilakukan oleh para pendakwah sekarang. Seperti halnya ketika nabi dijelek-jelekan oleh para musuhnya, Nabi tetap tidak marah malahan Nabi merangkulnya. Banyak sekali pendakwah yang mengatakan halal dan haram dilingkungan yang sudah tahu bahwa itu merupakan perbuatan Halal dan haram, coba sekali kali sebagai  pendakwah terjun langsung ditempat yang menurutnya haram itu.

c.       Manusia Penghuni Surga
            Kita hidup didunia ini berawal dari nabi Adam dan hawa disurga, jadi tempat awalnya manusia adalah disurga. Lalu Allah SWT menurunkan mereka kedunia. Kata dunia meurut Ki entus adalah adalah ladang, bagaimana orang mengelola ladangnya tersebut yang membuat ladang itu baik atau tidaknya itu manusia sendiri dan menjadikan manusia kembali ke surga atau malah masuk kedalam neraka. Menjadi manusia janganlah minder dan bangga terhadap keturnannya, karena manusia hanya punya satu nenek moyang yaitu Nabi Adam As. Jadi jangan bangga terhadap kehabibannya, jangan bangga keturuann kyiainya dan jangan berkecil hati menjadi seorang yang keturuannnya tidak dihargai srta yang lainya karena kita satu keturuann yaitu Nabi As. Didunia ini tak ada yang perlu disombongkan karena pangkat yang paling tinggi adalah pensiun dan gelar yang paling tinggi adalah almarhum. 

            Banyak sekali para pendakwah yang sudah menjadi idola para jamaahnya itu menjadi sangat manja, sombong, dan angkuh terhadap jamaahnya. Pada saat berdakwah pendakwah berbicara kencang untuk berjihad dihadapan para jamaahnya bahwa kita jangan takut kepada siapapun kecuali Allah SWT, akan tetapi saat pulang ia minta dianter karena takut kepada orang-orang yang tersinder terhadap isi dakwahnya. Itulah kritikan para pendakwah yang bermodal bicara saja, atau dalam kata Ki Entos hanya bermodal Cocot saja, yang paling penting adalah amalnya. Padahal jihad yang paling benar adalah bagaimana kita mengingatkan bagaimana orang-orang, tidak harus orang tersebut mengikuti kita. Dan cara dalam berdakwah itu tidak harus di mimbar. Allah SWT itu maha tahu, siapa yang dholim dan siapa yang tidak dholim. 

d.      Memahami Fungsi kenabian
            Di Indonesia terdapat banyak sekali golongan dan pandangan mengenai Islamnya pun bermacam-macam, ada yang keras , pluralisme, dan biasa-biasa saja. Sehingga banyak sekali diantar klangan Islam sendiri itu saling menyalahkan dan saling serang pandangannya, padahal sama-sama beragama islam. Ada golongan islam yang mengatakan bahwa kita harus mengikuti semua yang ada dizamannya kalau melalkukan selainnya maka dikatakan bid’ah. Mereka tak tak tahu nabi ketika berhaji itu dengan menggunakan onta yang kurus, lalu masa kita harus mengikuti itu. Ya kita yang berada di Indonesia akan harus berapa tahun bisa sampai di kta mekkah bahkan untung sampai ke mekkah pun untung-untungan. Menurut Ki Entus bahwa fungsi kenabian itu ada tiga. Pertama, sebagai rahmatalil ‘alamiin, kedua, Uswatun khasanah, dan ketiga, memperbaiki  akhlak.  Tidak harus menjadikan semua orang yang ada didunia ini harus beragama Islam. Lalu siapa golongan Islam yang paling benar itu? Ya golongan yang mengajarkan kedamainan dan mempraktekkan fungsi kenabian itu.  Dizaman sekarang juga jihad tidak seperti halnya zamnnya nabi, tetapi jihad yang paing benar yaitu  seperti hadis nabi bahwa jihad atau musuh  yang paling utama adalah melawan hawa nafsu. Apalagi zaman sekarang banyak sekali yang berdemo mengatasnamakan membela Allah SWT dengan slogan ALLAHU AKBAR dengan cara kerusuhan, padahal Allah sendiri tak perlu dibela. Allah SWT maha tahu siapa yang benar dan siapa yag salah. 

            Dalam pada saat itu Ki Entus juga menjelaskan surat An-Nahl ayat 125, yang menyeru untuk berdakwah. Yaitu dakwah dengan tingkah, berdiskusi, dan berbicara yang baik. Karena Allah SWT maha tahu siapa yang tersesat dan siapa yang diberi petunjuk. Sebagai seorang pendakwah juga harus bisa mempebaiki yang dulunya haram menjadi halal. Dan itulah yang harus dilakukan oleh para mahasiswa yang tidak hanya sebagai agen perubahan (agen of change) tetapi juga sebagi agen perbaikan. Yaitu abgaimana mahasiswa dan mahasiswi dalam berdakwah tidak hanya dilingkungan kampus saja tetapi juga diluar kampus pun harus dipraktekkan. 

e.       Kaitan Resolusi Konflik Dalam Acara Stadium General
Seluruh Acara Stadium General yang dilakukan Jurusan KPI ini sangat penting dalam mempelajari Resolusi Konflik, dan  banyak sekali pengalaman yang saya alami untuk menjadi pelajaran yang berharga, khususnya bagi saya sendiri, diantaranya: 

1.      Panitia bisa mencegah terjadinya konflik diruangan dengan mengahdirkan pementasan jurusan KPI dan mempersilahkan jurusan lain untuk mementaskaskan dan ikut andil acara tersebut sambil menunggu Ki Entus Suswono datang . Sehingga acara tersebut bisa berjalan sesuai apa yang direncanakan Panitia jurusa KPI. 

2.      Ki Entus menghadirkan motede yang tidak monoton seperti acara biasa-biasanya, yaitu dengan menghadirkan lelucon-lelucon yang menjadi ciri khasnya, sehingga para hadirin yang telah telalu menunnggu terobati dan tidak sia-sia mengikuti acara tersebut . 

3.      Berdakwah dan berjihad yang paling baik untuk zaman sekarang ialah harus tahu dan  memahami fungsi kenabian agar mahasiswa dan mahasiswi yang katanya sebagai agen perubahan juga menjadi agen perbaikan agar masyarakat sekelilignya menjadi masyarakat yang religius yang di cita-citakan nabi kita Muhammad SAW. Bukan menjadi pendakwah dimasyarakan sekelilingnya saja tetapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat. 
                                                                                                                                          
Penulis

 24 Oktober 2016
Abdul Mufid Guna









Minggu, 02 Oktober 2016

Ini Ceritaku.......





 (Nuy)

Mana ceritamu?

Saya terlahir dari keluarga yang sederhana. Hidup pas-pasan yang penting ada buat makan itu cukup buat saya. Ibu dan ayahku berlatar belakang pendidikan pesantren. Ayahku dulu hidup lama di sebuah pesantren yang ada di Cirebon, yaitu Babakan Ciwaringin. Sekitar 9 tahunan ayahku nyantri di pesantren tersebut. Begitu juga dengan ibuku, ibuku nyantri sekitar 6 tahunan di sebuah pesantren yang bernamakan pesantren Jagasatru. Kyainya bernama Kang ayip Muh, itulah panggilan akrab yang biasa dipakai oleh para santri dan jamaahnya.

            Perputaran roda kehidupan telah dialami oleh kedua orang tuaku. Ayahku pernah berprofesi sebagai pedagang dan juga pernah menjadi bos di pabrik permen yang dimiliki oleh kakekku. Ayahku telah banyak berganti-ganti profesi. Dia juga pernah berdagang asongan, dagang nasi uduk, dan lain sebagainya. Hingga suatu hari, ayahku terkena penyakit struk yang menjadikan tubuhya mati sebelah. Tubuh bagian kanannya bisa dikatakan sudah tidak berfungsi seperti sebelumnya. Saat penyakit struk itu dideritanya, ia hanya bisa berjalan dengan menggeret kaki kanannya. Hal itu sudah saya ketahui pada saat saya masih kecil. Jadi, saya sudah melihat keadaan ayah saya dalam keadaan sudah terkena struk. Meskipun begitu ayahku tidak melepaskan tanggung jawab untuk terus mencari nafkah demi anak-anak dan istrinya. Ayah dan ibuku dikaruniai banyak anak hingga sampai 8 anak. Namun, hanya tersisa 6 anak karena 2 anaknya meninggal. Satu anak meninggal karena penyakit kejang dan satu nya lagi meninggal pada saat kelahiran. Saat itu, ayahku diharuskan memilih salah satu antara ibuku dan anaknya yang mesti diselamatkan. Akhirnya, ayahku memutuskan untuk menyelamatkan ibuku saja. Dan saat itulah anak yang dilahirkan oleh ibuku tidak terselamatkan. Saya kira itu pilihan yang tersulit untuk kedua orang tuaku. Mungkin itulah jalan yang terbaik yang harus dipilih oleh ayahku.

            Disisi cerita dari pengalaman kedua orang tuaku, sayapun ingin mengalihkan tulisan ini ke pengalaman hidup yang pernah saya rasakan. Ketika saya masih kecil, saya disekolahkan oleh orang tua saya di sekolah umum, yaitu SD. Saat itu merupakan pertama kali saya dikenalkan oleh pendidikan. Disitu pula saya dapat mengenal guru, teman-teman dan belajar baca tulis dari abjad A sampai dengan Z. Dikelas satu SD sedikit demi sedikit dengan dibantu oleh usaha guru saya dibimbing untuk bisa membaca, dimulai dari jilid 1 hingga jilid 2. Saya masih ingat jelas dimana buku jilid 1 merupakan buku pertama kali yang bisa mengantarku mengenal huruf-huruf , buku itu berwarna kuning. Ketika 1 jilid sudah saya kuasai. Saya pun berlanjut ke jilid 2 untuk melancarkan cara bacaan saya agar lebih memantapkan lagi. Saat pertama kali saya sekolah disitu saya masih sangat awam sekali dalam hal belajar jika dibandingkan dengan teman-temanku yang lain. Teman-temanku yang lain bisa dikatakan sudah mengenal lebih dulu tentang belajar, karena mereka telah diperkenalkan huruf-huruf sejak mereka sekolah TK. Saat itu saya benar-benar merasa menjadi orang yang paling bodoh karena saya pikir kok saya baru ya mengenal huruf-huruf abjad ini, berbeda dengan teman-temanku. Sehingga tidak aneh jika diawal sekolahku saya tidak mendapatkan peringkat yang bagus.  Ketika guru saya menyuruh murid-muridnya untuk belajar. Saat itu pun saya tidak mengerti bagaimana caranya belajar. Belajar yang seperti apa yang guruku maksudkan. Jadi, saya hanya mengikuti seperti air mengalir saja. Kerjaan saya saat itu hanya sekolah dan main. Orang tuaku tidak begitu perhatian mengenai pembelajaran sekolahku. Hal itu dikarenakan keawaman atau kurang pengalaman dari orang tua saya sendiri. Sehingga saat itu seolah-olah saya berjalan dan mencari tau sendiri dalam mengatasi problem-problem hidup yang saya alami saat itu. Hingga yang saya tau pada saat itu yang namanya belajar ya di sekolah. Ada guru dan ada murid, disitu kita belajar. Ketika sampai rumah letakkan tas dan kembali main bareng teman-teman. 

            Pada saat saya kelas 2 SD saya pernah mendapatkan suatu pengalaman yang menyedihkan ketika berkali-kali saya mendapatkan nilai nol saat mengerjakan soal latihan matematika yang diberikan oleh guru saya sehingga saya tidak boleh pulang saat itu. Namun, ketika berkali-kali mendapatkan nilai nol berkali kali juga saya mengerjakan soal tersebut sampai saya tidak mendapatkan nol lagi. Malu memang, tapi mau gimana lagi pada saat itu saya benar-benar masih menjadi orang yang terbodoh di kelas. Sudah dua tahun saya sekolah, mulai ada kemajuan sedikit dalam hal peringkat kelas. Saat kelas dua saya mulai masuk 10 besar. Dan tidak disangka ketika saya memasuki kelas 3 SD saya mendapatkan peringkat ke 3 dari 40 siswa. Disitu benar-benar saya tidak mempercayai akan hal itu. Namun, disisi lain saya sangat senang karena ketika saya masuk ke dalam 3 besar di kelas, guru-guu mulai mengenali saya dan mulai saat itulah saya merasa dianggap keberadaannya. Mungkin sebelumnya saya hanya berada diruang gelap yang tidak bisa terlihat oleh mata. Sehingga keberadaanku seolah-olah tidak ada dan merasa tidak dianggap. Setelah mendapatkan peringkat tersebut saya mulai bersemangat belajar agar bisa mendapatkan lebih dari itu. saya ingin mengejar peringkat pertama untuk menyusul temanku. Jadi, ketika saya mulai dikenal oleh guruku karena dari hasil peringkat tersebut. Saya mulai berpikiran bahwa sekolah itu untuk mengejar nilai agar bisa mendapatkan pengakuan dari guru-guru. Yang ada dipikiran saya rangking rangking dan rangking tanpa memperhatikan hal lainnya. Dengan memperoleh peringkat saya bisa mendapatkan hadiah buku dari guru. Semakin tinggi peringkat semakin tebal hadiah buku yang diberikan. Saya termotivasi oleh hadiah tersebut. Saya sempat menyombongkan diri dengan apa yang saya peroleh. Saya merasa sudah tidak bodo lagi seperti awal masuk sekolah. Kelas 3 sampai dengan kelas 6 saya selalu masuk ke peringkat 3 besar. Sudah merasakan peringkat 1, 2 dan 3. Entah betapa bodohnya saya saat itu yang sudah mengaggap bahwa rangking lah yang menjadi tujuan belajar saya. 

            Saat saya akan menyelesaikan sekolah dasarku. Saya mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan di pesantren alias mondok sekaligus melanjutkan sekolah umum. Namun, ibuku tidak mengijinkannya dikarenakan keadaan yang sudah tidak mendukung. Ayahku yang sempat mengamanahkan ke saya untuk lanjut ke pondok pesantren kini sudah meninggal dunia pada saat saya masih duduk di kelas 4 SD dan orang tua masih menanggung banyak beban yang ia tanggung. Sehingga saya pun disarankan untuk tetap lanjut di sekolah umum saja. Jika saya memaksakan keinginan saya untuk mondok ditakutkan ibu saya tidak kuat dengan biayanya. Pada akhirnya saya pun mengikuti saja. 

            Setelah menyelesaikan sekolah SD saya terus melanjutkan pendidikan saya hingga saya SMA. Dan masih dengan kebodohan yang sama bahwa sekolahku itu hanya untuk mengejar nilai semata yang menjadikan saya mempunyai tujuan untuk terus mendapatkan rangking 3 besar. Jika tidak 3 besar saya benar-benar sangat berdosa dengan diri saya sendiri dan benar-benar akan menyalahkan diri saya. Jadi, sebisa mungkin saya usahakan untuk tetap masuk peringkat 3 besar. Seiring berjalannya waktu, saya mulai menyadari bahwa hal itu tidak lah baik buat saya. Nilai akhir bukanlah prioritas utama kita dalam belajar. Namun kita harus memperhatikan benar-benar prosesnya. Proses itu lebih penting dari pada hasil. Karena proses tidak akan membohongi hasil.  

Singkat cerita saja, ketika saya kuliah. Saya harus mulai meluruskan niat untuk jangan terlalu mengejar-ngejar nilai. Karena menurutku percuma nilainya besar ketika kualitas keilmuannya masih sangat kurang. Saat ini pun ternyata saya masih tetap dengan pikiran yang sama untuk terus mendapatkan nilai besar. Namun, kini berbeda cerita. Kalau dulu pada masa sekolah saya harus mendapatkan peringkat 3 besar untuk bisa mendapat pengakuan dari guru-guru agar bisa dianggap keberadan saya. Tapi, saat kuliah ini mempertahankan nilai agar tetap bisa mendapatkan beasiswa. Karena ketika nilai ip turun dibawah standard rata-rata maka akan dicabut dengan begitu saja. Sedangkan saat ini saya kuliah masih mengandalkan uang beasiswa saja. Modal saya kuliah hanya bermodalkan nekat demi untuk mengenyam dan menuntut ilmu di perguruan tinggi. Ini bahkan lebih bodoh lagi, karena hingga detik ini saya masih merepotkan negara. Kuliah ku ini bukan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, enak, ber AC, dan punya kantor yang nyaman. Akan  tetapi, saya menuntut ilmu ini agar bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya dan mampu mengangkat derajat keluarga. Karena bisa dikatakan bahwa saya merupakan generasi pertama yang kuliah. Kakak-kakaku sebelumnya tidak ada yang menyelesaikan sekolah. Minimal hanya sampai SMK saja. Tidak heran jika jurusan yang saat ini sedang saya jalani itu jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Dengan begitu semoga bisa mengantarkan saya untuk bisa memahami dan belajar bersama masyarakat untuk bisa hidup bersama dengan kesejahteraan yang sebenarnya. Mampu mempelajari realitas kehidupan yang sesungguhnya. Dengan begitu mampu mengantarkan saya untuk menjadi manusia yang seutuhnya. Menjadi manusia yang mempunyai hubungan baik dengan Tuhan dan makhluknya. 

Saya tidak memikirkan akan menjadi apakah diriku di masa depan. Yang terpenting saat ini saya harus menuntut ilmu dimanapun dan bersama siapapun. Kita tahu bukan bahwa seseorang hidup dan memiliki ilmu maka ia akan menjadi manusia bermanfaat selagi menerapkan ilmu yang diperolehnya selama ini. Tentunya bukan hanya untuk diri sendiri namun untuk kebahagiaan orang banyak.

Sukses selalu untuk semua manusia dimuka bumi ini yang masih punya hati nurani yang hidup. Yang masih punya rasa peduli terhadap manusia lainnya. Semoga perjalanan hidup kita tidak ternodai oleh hal-hal yang dapat merusak relasi kita sebagai manusia. Manusia diciptakan oleh Allah sebagai “kholifah fil ard”, maka jagalah amanah besar itu….











Jumat, 30 September 2016

PLTU dan Kemanusiaan

Oleh Nur'aeni
Comdev 04'

Sebelumnya aku bertanya-tanya kenapa sih mereka menyuarakan tentang penolakan PLTU?
Yang aku tahu tentang PLTU itu ya bangunannya indah, secara kasat mata bangunannya megah, pas lah kalau buat cewe-cewe yang doyan selfie. Kaya aku.dan kawan-kawan. hehe

Berawal dari menonton film Documentary tentang dibalik megahnya PLTU Cirebon dan sekalian ikut aksi bersama aliansi mahasiswa IAIN yang sangat kontra terhadap PLTU.. Mereka mengetahui kabar berita bahwa Instansi kami akan melakukan suatu kerja sama dengan pihak CSR PLTU . Kerja sama apalah itu. pihak aliansi mahasiswa sangat tidak menginginkan hal itu terjadi. Kenapa demikian? karena mereka telah merasakan hidup bersama masyarakat yang berada di dekat bangunan PLTU Cirebon dan ternyata dibalik indahnya bangunan PLTU banyak permasalahan ekologis yang menimpa wilayah tersebut. Dan hal itu sangat merugikan masyarakat yang hidup disana. Banyak sekali masyarakat yang merasakan dampak negative dari adanya PLTU. Hal ini sangat dirasakan oleh para petani dan nelayan yang tinggal disana. Para nelayan yang biasanya bisa mendapatkan ikan dengan jarak hanya 2 km saja dari bibir pantai. Namun sekarang sudah berubah mereka harus menempuh jarak 5 km untuk bisa mendapatkan ikan. Selain nelayan disana juga ada petani garam yang dimana produktivitas garamnya mengalami penurunan dikarenakan air laut yang biasa mereka gunakan untuk menambak garam sudah mulai tercemar oleh limbah yang dihasilkan PLTU tesebut. Tidak hanya manusia saja yang mendapatkan dampak dari limbah PLTU ini. Biota laut pun sudah tercemari akibat limbahnya. Jika ditelisik lebih dalam lagi sangat banyak dampak yang ditimbulkan oleh limbah PLTU. Dan itu secara tidak langsung akan membunuh makhluk hidup yang berada disekitarnya secara perlahan. Masihkah kita membangga-banggakan adanya PLTU dengan banyaknya musibah yang akan masyarakat terima termasuk kita di dalamnya? Tak perlu dijawab disini…

Ini bukan berbicara soal keegoisan kita, namun tentang kemanusiaan. kemanusiaan itu tentang hati nurani. Sudahkah nurani kita tergerak untuk melakukan pembelaan terhadap saudara-saudara kita? Jika bukan kita yang membela mereka siapa lagi? Kita mahasiswa. Mahasiswa juga bagian dari masyarakat. Jangan membuat sekat-sekat karena kita mahasiswa jadi kita lebih ekslusif dan tidak perduli terhadap permasalahan-permasalahan sosial yang ada disekitar kita dan lebih memilih untuk memisahkan diri. Cobalah sedikit demi sedikit kita melebur bersama tanpa ada perbedaan. Aku benar-benar merasa bersalah dan menyesali karena selama ini, ternyata aku masih tertidur. Tertidur pulas tanpa mampu melihat, merasakan dan mendengar jeritan-jeritan rakyat yang terampas ruang hidupya oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Aku menutup mataku, menutup telinga dan hatiku dari isu sosial yang ada. Aku masih terlalu sibuk memikirkan urusanku sendiri tanpa memikirkan hidup orang lain yang berada disekitarku. Astaghfirullah. Namun, kini hidayahpun datang kepadaku untuk ikut barisan bersama mereka dalam melakukan suatu perlawanan tentang ketidakadilan ini.


Harapan dalam hidupku adalah menjadi orang yang bermanfaat bagi manusia lainnya seperti halnya hadist Nabi. Dan mungkin inilah salah satu cara agar ku bisa memberikan manfaat bagi yang lain. Aku harap Allah meridhoi apa yang aku lakukan saat ini. Jangan menodai kata Agen Of Change yang diperuntukkan mahasiswa. Memang untuk melakukan suatu perubahan tidak semudah dengan kita membalikkan telapak tangan. Tidak semudah itu. semuanya butuh perjuangan dan perjuangan butuh persatuan yang kuat untuk menghimpun kekuatan. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Semoga suara rakyat bisa didengar oleh para birokrat yang katanya pro rakyat.
Aamiinn…..

Kepentingan Rakyat atau Korporat?

Oleh Nur’aeni
Comdev 04'
 
Masalah PLTU tidak berhenti di Cirebon saja. Namun, setiap ada bangunan PLTU sudah pasti dampak ekologis itu ada. Sekarang aku beralih ke bangunan PLTU yang ada di Indramayu,  tepatnya  di Desa Mekar Sari. Aku coba ikut belajar bersama kawan-kawan lainnya untuk mengkaji dan mengamati keadaan disana. Kita melakukan pemetaan dan diskusi bersama. Kebetulan di Indramayu sedang ada tim riset dari Sains (Sajogyo Institut) Bogor. Jadi, kami bisa diskusi bersama terkait permasalahan yang saat ini sedang dirasakan oleh masyarakat Indramayu.

Setiap perusahaan pasti ada limbah yang tersisa. Seperti halnya PLTU,  total limbah dari bangunan PLTU 1 di Indramayu sebanyak 72.000  ton. Bayangkan saja limbah sebanyak itu apakah tidak menimbulkan dampak? Ga mungkin kan. Ditambah lagi dari pihak PLTU sendiri pun  tidak ada izin untuk pengelolaan limbah itu sendiri. Kasian lah pantai Indramayu. Pantainya kini telah tercemari oleh limbah sebanyak itu. Miris sekali.

Kita tahu batu baterai? Itulah kandungan kimia yang ada di batubara. Jika penasaran dengan bahan kimia yang terkandung di dalam batubara coba saja bedah batu baterai lalu kita gosok-gosokkan ke badan kita? Dan pasti badan kita akan mengalami gatal-gatal dan lain hal. Itu merupakan contoh kecil saja soal batu baterai. Karena dampak dalam skala besarnya terdapat pada kandungan kimia yang terkandung dalam batubara yang dimana digunakan sebagai bahan baku PLTU.

Bangunan PLTU itu ada yang menggunakan teknologi dari china dan ada juga yang menggunakan teknologi dari Jepang. Perbedaannya, untuk yang menggunakan teknolgi dari china maksimal 1 turbin hanya bisa mencapai 300 Mega Watt. Sedangkan untuk teknologi dari Jepang bisa mencapai maksimal 350 Mega Watt.

Cerobongnya pun sama, ada yang menggunakan teknologi dari Jepang dan China. Cerobong dari China dinamakan Super critical Boiler. Sedangkan dari Jepang namanya Ultra Super Critical Boiler. Tingginya cerobong  tersebut hanya menekan karbon saja tidak menekan emisi. Ultra super critical boiler merupakan energy terbaru di Indonesia, katanya… dan lebih baik dari Super Critical Broiler yang berasal dari China. Tapi, perlu kita tahu bahwa Ultra Super Critical Boiler itu sudah ditinggalkan 10 tahun yang lalu oleh orang Jepangnya sendiri. Energy baru terbarukan yang seperti apa sebenarnya? Di luar negeri sudah ga kepakai malah di Indonesia dibangga-banggakan.

Lalu, kenapa pemerintah membangun PLTU??? Padahal tanpa adanya PLTU pun masyarakat sudah menggunakan listrik. Mereka tidak kekurangan listrik. Buat apa pemerintah terus-terusan melakukan pembangunan PLTU tersebut? Yang sudah jelas-jelas merusak lingkungan. Perlu kita selidiki, sebenernya PLTU dibangun untuk kepentingan rakyat ataukah bukan?

Kita tahu kan bahwa di Indonesia ini semakin banyak Industri, terutama di pulau Jawa. Dengan semakin banyaknya Industri tentu saja pasokan listrik yang dibutuhkan pun harus lebih banyak lagi. Semua industry tersebut lebih banyak membutuhkan energy listrik. Kalau tidak ada cadangan listrik yang besar mereka akan rugi bandar jika perusahaannya kekurangan listrik, karena tanpa listrik mereka tidak bisa beroperasi. Oleh karena itulah pemerintah terus-terusan membuat cadangan listrik sebanyak-banyakanya selama 10 tahun ke depan sebanyak 35.000 Megawatt. Dengan cara apalagi kalau tidak membangun proyek besar itu, ya PLTU. Bangunan yang katanya untuk kepentingan rakyat padahal sebenarnya untuk golongan kaya yang ada di Indonesia dan hampir semuanya itu investor asing. Selain itu juga memperbanyak bangunan PLTU oleh pemerintah Indonesia supaya perusahaan tambang di Indonesia tidak bangkrut. PLTU benar-benar sebagai penyelamat bagi perusahaan tambang batu bara, terutama yang ada di Kalimantan sana. Bayangkan saja PLTU sendiri paling banyak memproduksi batubara dibanding perusahaan lain. Dalam sehari, PLTU bisa memproduksi sampai 500 ton perhari untuk 900 Mega watt. Sedangkan perusahaan yang lain seperti Danone hanya 10 ton saja perhari. Perbandingan yang sangat jauh berbeda. Jauh sekali. Bisa dikatakan PLTU lah yang paling besar memproduksi batu bara di Indonesia.

Apa sih PLTU ???
Setelah ditelisik lebih dalam ternyata PLTU itu ialah salah satu bisnis merusak lingkungan dan bisnis membunuh manusia secara perlahan lebih kasar lagi merupakan bisnis busuk. Cari keuntungan kok modelnya begitu? Dimanakah hati nuranimu? Lagi-lagi hati nuranilah yang akan berkata. Jangan biarkan hati nurani kita didustakan. Jangan hianati hati nurani. Karena jiwa kemanusiaan kita akan ada ketika hati nurani kita masih tetap hidup. Tidak menutup diri. Telah banyak jiwa yang menjadi korban PLTU. Bukan puluhan, bukan ratusan, bahkan sudah mencapai ribuan. Sekitar 6500 jiwa telah terbunuh (terbunuh ruang hidupnya) oleh PLTU. Lalu sampai menunggu berapa jiwa lagi yang akan menjadi korban dari dampak PLTU?
Di Indramayu sendiri, masyarakatnya sudah sadar bahwa PLTU itu membawa dampak negative yang begitu besar bagi masyarakatnya. Mereka yang mayoritasnya sebagai petani, semenjak adanya PLTU hasil panennya mengalami penurunan. Hal itu dikarenakan cuaca yang semakin panas dan struktur tanah yang berubah. Tidak seperti dulu lagi. Salah satu petani kebun bercerita kepadaku bahwa dulu, dari tanah seluas 100 bata bisa menghasilkan 25 kwintal bawang. Namun, sekarang sudah tidak demikian, ia hanya bisa menghasilkan bawang sebanyak 15 kwintal bahkan kurang dari itu. Selain beliau, masih banyak lagi masyarakat yang merasakan dampak dari adanya bangunan PLTU 1 tersebut.

Ditambah lagi, saat ini pemerintah sedang akan merancang pembangunan PLTU 2 di desa mekar sari, sumur adem dan patrol baru, yang mana itu akan terjadi pembebasan lahan. Lahan yang akan digunakan sebanyak 244 hektar bahkan lebih. Mereka tidak berpikir bahwa disana ada masyarakat yang dimana untuk menyambung hidupnya dari hasil bertani. Memang benar, bahwa orang-orang yang memiliki sawah luas sudah menyetujui bahkan sudah menanda tangani persetujuan itu. hal itu karena mereka telah tergiur oleh uang. Mereka akan mendapatkan harga 3x lipat yang dimana akan menjadikan hidup mereka lebih baik lagi. Tapi, untuk sementara waktu saja. Ingat itu! Tidak memikirkan anak cucu mereka nanti ketika sawah sudah tidak ada, dari mana mereka akan mendapatkan penghasilan? Mereka pasti harus pergi berhijrah ke tempat lain untuk mencari-cari pekerjaan. Entah itu menjadi buruh pabrik ataukah lainnya. Padahal dulu, wilayahnya merupakan surga bagi mereka. Mereka bisa menikmati hasil panen dan hasil lautnya tanpa jauh-jauh pergi ke kota.  Mereka hanya berpikir untuk hidup saat ini saja. Biarlah mereka akan sadar dengan sendirinya. Baik dalam kurun waktu 5 tahun lagi bahkan 10 tahun mendatang mereka akan menyesali karena sudah menjual tanahnya kepada pihak investor yang sebenarnya merampas ruang hidup mereka dalam jangka panjang.

Selamatkan ruang hidup kami!

Jangan merusak keindahan kami!

Jangan mengambil surga kami!

Jagalah ciptaan Tuhan kami!