Start

Rabu, 27 Januari 2016

Pentingkah Analisis Sosial?



Dalam mempelajari suatu realitas sosial yang ada, kita harus mempelajari terlebih dahulu tentang analisis sosial. Analisis sosial mampu menyelidiki segala apa yang ada pada keadaan realitas itu sendiri. Pendekatan-pendekatan yang ada pada ansos terbagi menjadi 2 kriteria. Pertama, pendekatan akademis dan yang kedua pendekatan historis. Pendekatan akademis cara mengkaji situasi sosialnya dengan cara yang benar-benar abstrak dan bersifat objektif serta lebih terperinci agar mudah dipahami dan dimengerti dengan jelas. Sedangkan pendekatan historis cara mengkajinya lebih mempertimbangkan situasi kondisi ketika akan bertindak dan selalu melibatkan historis dalam pengkajiannya. Suatu tindakan keadilan merupakan tujuan dari adanya analisis sosial ini.
Di dalam masyarakat biasanya banyak menghadapai berbagai permasalahan yang begitu kompleks, baik itu masalah khusus atau pun masalah yang berkaitan dengan kestrukturalan. Adanya ansos akan berguna untuk menggali permasalahan yang ada sampai ke akarnya hingga menemukan sebuah solusi dan mencapai suatu kebijakan yang benar. Ansos ini tidak hanya menyelidiki dari satu sisi saja, ia akan menyelidiki dari berbagai dimensi yang ada.
Dimensi-dimensi yang dimaksud disini ialah dimensi-dimensi objektif dan subjektif realitas sosial. Yang dimana ansos itu sendiri dalam usaha menganalisis sosial lebih mengutamakan secara objektif, agar cakupannya bisa lebih luas dan bisa mendapatkan data yang lengkap mengenai berbagai hubungan yang terkait, seperti structural, kultural, dan historis dari situasi yang ada.
Akan tetapi, perlu juga kita ketahui bahwa ansos itu hanya sebatas metodologi atau perangkat untuk realitas sosial saja yang berguna untuk para pengembang masyarakat dalam melakukan sebuah perubahan dalam masyarakat yang sedang ditelitinya. Jadi, ia tetap memilki keterbatasan. Objek- objek dalam analisis sosial ada 3, yaitu masalah-masalah sosial, lembaga atau organisasi dan kebjakan public.
Sebelum kita menganalisis, kita harus tahu terlebih dahulu tentang apa itu masalah sosial beserta sifat-sifatnya. Bagian dari kehidupan manusia salah satunya yaitu masalah, yang dimana masalah itu harus kita cari solusi atau cara menyelesaikannya. Namun, tidak semua masalah yang ada merupakan masalah sosial. Suatu masalah akan menjadi masalah sosial ketika adanya sebuah pengakuan secara public dan disadari oleh semua masyarakat. Jika tidak demikian, masalah tersebut hanya dinamakan masalah individu saja. Yang dimana setiap individu mempunyai masalah yang berbeda satu sama yang lainnya. Masalah sosial itu yang dampaknya berakibat kepada banyak orang dan mempunyai pengaruh besar untuk yang lainnya. Seperti halnya masalah kasus salim kancil, itu merupakan salah satu contoh masalah sosial yang ada dimasyarakat. Masalah sosial juga yang berkaitan dengan pelanggaran terhadap norma yang ada pada masyarakat.
Perlu kita tahu juga bahwa ada sifat-sifat yang terdapat dalam masalah sosial, diantaranya masalah sosial bersifat relative, saling berhubungan, kompleks, selalu berbeda setiap waktunya, dapat dikelompokkan, dan masalah sosial itu dapat berdampak normal dalam pelaksanaan nilai-nilai sosial.
Sebagai seorang pengembang masyarakat, perlu sekali memahami banyak teori sosial yang ada, agar dalam proses pelaksanaannya kita mampu mengembangkan masyarakat dengan cara yang baik dan tidak keliru dalam penanganannya. Dan perlu juga dalam setiap teori yang ada kita buktikan kebenarannya pada saat kita praktik langsung ditengah-tengah masyarakat, agar kita memperoleh perbandingan untuk kita sendiri apakah benar atau tidak teori tersebut, dengan seperti itu kita bisa tahu teori mana yang pantas kita pakai dalam melakukan suatu pengembangan masyarakat itu. Mungkin saja kita sendiri bisa menciptakan teori baru dalam mengembangkan masyarakat sosial tersebut. J

Anak Putus Sekolah



Pembahasan yang dari dulu hingga sekarang masih dijadikan suatu permasalahan di tengah-tengah kehidupan masyarakat adalah mengenai anak putus sekolah. Ini bukan merupakan persoalan yang baru saja muncul, persoalan ini sudah lama ada, namun hingga saat ini persoalan tersebut belum mampu diatasi dengan baik untuk menghilangkannya.
Anak merupakan aset masa depan bagi para orang tuanya untuk bisa melanjutkan cita-citanya yang belum terwujud. Tapi, jika anak tersebut tidak mengenal pendidikan sedini mungkin apakah mampu mewujudkan yang dicita-citakannya. Pendidikan bagi anak merupakan hal yang sangat penting demi masa depannya, jika anak tidak mempunyai pendidikan maka ia tidak akan mampu merumuskan tujuan hidupnya di masa mendatang.
Pendidikan dapat mengembangkan kemampuan anak, bisa membentuk watak anak, dan mampu membangkitkan anak dari kebodohan yang ada. Bukankah kita tahu, bahwa menuntut ilmu itu wajib selama jasad masih dkandung badan. Oleh karena itu, pendidikan bisa dikatakan berlaku untuk sepanjang hayat. Sangat disayangkan sekali jika seorang anak itu putus sekolah, secara otomatis ia telah memberhentikan aktivitasnya dalam menuntut ilmu di dunia pendidikan.
Dari berbagai daerah terutama di Indonesia sangat marak sekali anak yang putus sekolah. Sehingga hal ini menjadi suatu permasalahan yang menarik untuk diteliti. Banyak dilakukan penelitian-penelitian oleh para cendekiawan yang akan menyelesaikan pendidikan sarjananya, namun penelitian tersebut terkadang tidak berdampak terhadap perubahan tentang anak putus sekolah. Mereka hanya berhasil menghimpun banyak data dari sana sini untuk mencari akar dari semua permasalahan yang terjadi.
Semua teori-teori telah banyak bermunculan, namun itupun tidak mengurangi tingginya angka anak yang putus sekolah. Pemerintah telah berusaha untuk bisa mengurangi permasalahan tentang anak putus sekolah, sehingga pada akhirnya pemerintah melanjutkan program pendidikan yang tadinya hanya wajib 6 tahun menjadi wajib belajar 9 tahun. Dengan tujuan, agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah.
Pemerintah menginginkan semua anak Indonesia baik yang kaya ataupun yang tidak kaya wajib mengenyam pendidikan selama 9 tahun. Hal itu dilakukan demi kemajuan bangsa Indonesia, agar bangsa Indonesia mempunyai generasi penerus yang baik yang mempunyai pendidikan standard 9 tahun, dan mencanangkan program dana BOS (Bantuan Operasional Siswa). Adanya Bos agar bisa membantu masyarakat yang kurang mampu dalam hal ekonomi. Dengan seperti itu tidak ada alasan lagi untuk putus sekolah.
Harapan pemerintah, anak Indonesia harus tetap bisa sekolah, jangan sampai ia putus sekolah. Jika hal ini terus terjadi begitu saja dan berkelanjutan, apa jadinya bangsa ini. Bangsa ini perlu adanya generasi-generasi penerus bangsa yang mempunyai latar pendidikan yang sesuai dan layak. Jika tidak, akan menyebabkan dampak negative yang dimana pengaruhnya itu begitu besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
Benar apa yang dikatakan oleh Ki hajar Dewantara, bahwa manusia hanya dapat menjadi manusia karena pendidikan. Pendidikan dapat merubah pola pikir yang dangkal menjadi tidak dangkal, menambah wawasan dan daya pikir yang cemerlang. Orang yang berpendidikan menjadikan ia tidak terbelakangi. Ia akan menjadi orang yang disegani oleh banyak orang.
Akan tetapi, setiap suatu permasalahan yang terjadi tentunya ada banyak faktor penyebab yang mempengaruhi dan mendukung permasalahan itu menjadi semakin hari semakin liar dan berkembang biak begitu cepat.
Menurut beberapa data yang saya dapatkan, hampir semua daerah mempunyai faktor yang sama mengenai anak putus sekolah. Faktor yang dominan hingga saat ini yaitu faktor ekonomi. Faktor inilah yang paling utama disebutkan. Dimana-mana semua permasalahan yang ada selalu saja dipengaruhi oleh faktor ekonomi, seperti itu kenyataannya. Ketika kehidupan kita berada pada ekonomi yang paling bawah, maka segala aktivitas yang kita inginkan terkadang bisa terhambat karenanya. Ketika semuanya serba uang dan uang, maka ketika orang tersebut tak memiliki banyak uang mana mungkin ia akan mampu mewujudkan keinginannnya.
Lebih baik lagi jika anak Indonesia itu bisa mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi, agar ia mampu memajukan bangsa Indonesia dengan keilmuan yang ia miliki. Bukankah kita tahu bahwa kemajuan suatu bangsa itu bergantung pada pemuda. Jika pemudanya hebat, maka akan berpengaruh pada keadaan bangsa itu. Tapi, jika pemudanya tidak mempunyai daya pikir yang hebat mungkin sesuatu yang tidak diinginkan akan menimpa bangsa tersebut. Tentunya sesuatu yang negative. Dan yang pasti itu semua tidak diinginkan oleh semua masyarakat.
Perhatian orang tua pun menjadi salah satu faktor pemicu anak putus sekolah. Kondisi keluarga yang kurang dalam hal ekonomi menyebabkan anak tidak begitu diperhatikan. Orang tua lebih sibuk dengan urusannya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya tanpa memperhatikan pendidikan anaknya, sehingga anak lebih memilih untuk putus sekolah saja. Untuk menghindari hal tersebut orang tua harus lebih memperhatikan pendidikan untuk anaknya, orang tua harus peduli. Jangan hanya sibuk mencari kebutuhan hidup saja dan membiarkan anaknya tidak sekolah. Melainkan ia harus memberikan motivasi kepada anaknya agar tetap lanjut sekolah meskipun hidup dalam keterbatasan ekonomi.
Kurangnya perhatian dari orang tua tersebut menyebabkan rendahnya minat anak untuk melanjutkan sekolah. Kalau sudah hilangnya minat dari anak itu sendiri, sulit untuk mengubahnya. Karena segala sesuatu itu bergantung pada minat yang ada pada individualnya, jika sudah hilang apa mau ditanya. Hilangnya minat seseorang biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitar yang membawa ia ke arus yang salah. Lingkungan yang tidak begitu memperdulikan pendidikan dapat membuat anak bersifat biasa-biasa saja ketika ia tidak sekolah. Hal itu bisa dikatakan karena faktor budaya yang sudah lama berkembang dan dipelihara oleh masyarakat yang mempunyai anggapan bahwa anak mereka bisa tetap hidup layak tanpa bersekolah, yang dimana itu dijadikan sebagai landasan dalam menentukan masa depan anaknya. Padahal anggapan seperti itu sebaiknya harus dihilangkan di tengah-tengah masyarakat. Jadi, peranan lingkungan disini dalam mengentaskan suatu permasalahan anak putus sekolah begitu sangat penting.
Sebenarnya, masalah ekonomi masih bisa teratasi jika kita benar-benar ingin bangkit dari suatu keterpurukan, tentunya dengan usaha yang semaksimal mungkin. Selama disitu ada kemauan atau ada target yang akan dicapai maka segala usaha pun akan dilakukan meskipun terkadang sulit. Kemauan yang kuat akan mengabaikan sesuatu yang dapat menghalanginya, karena ia yakin bahwa selalu ada jalan untuk mencapainya.
Faktor lain yang menyebabkan anak putus sekolah adalah faktor lokasi sekolah. Masyarakat begitu mempertimbangkan akan hal ini, karena jarak yang jauh dan akses transportasi yang sulit begitu menghambat anak-anak mereka untuk berangkat sekolah. Mereka berpikir keselamatan anaknya akan terancam jika bersekolah terutama bagi anak perempuan mereka. Jadi, mereka lebih memilih untuk tidak menyekolahkan anak mereka.
Setiap diri individu pasti mempunyai konsep diri yang berbeda beda. Konsep diri merupakan pengetahuan individu terhadap dirinya sendiri baik itu tentang ide, pikiran, kepercayaan, dan pendirian. Pentingnya konsep diri karena di dalam konsep diri itu mampu memberikan penghargaan terhadap dirinya, menjaga stabilitas diri, dan mampu meningkatkan keyakinan terhadap kemampuan diri yang dimiliki.
Informasi yang saya dapatkan dari data yang saya baca, bahwa manusia itu mempunyai kondisi psikologis yang mendukung kehidupannya, diantaranya locus of control, self concept, dan self value. Keyakinan diri dalam mengontrol nasib sendiri, itu namakan locus of control. Locus of control terbagi menjadi dua yaitu internal locus of control dan eksternal locus of control.
Dalam Internal locus of control individu mampu mengontrol dirinya sendiri. Ia tidak mudah menyerah dengan semua permasalahan yang sedang ia hadapi. Ia selalu tegar dan merasa mampu bahwa dirinya mampu menghadapi semuanya dengan kemampuan yang ia punya, dan tidak menjadikan masalah sebagai halangan melainkan menganggap maslah itu sebagai tantangan buat dirinya dalam kehidupannya. Individu yang memiliki kondisi psikologis ini tidak pernah mengandalkan hidupnya kepada orang lain, ia lebih percaya pada dirinya sendiri.
Berbeda dengan eksternal locus of control, individu ini lebih beranggapan bahwa lingkunganlah yang mampu mengontrol kehidupannya. Ia lebih bergantung kepada faktor luar. Dan biasanya yang memiliki kondisi psikologis yang seperti ini ia lebih cenderung pasrah dengan hidupnya, ia menganggap bahwa semua apa yang terjadi itu sudah menjadi nasibnya yang tidak bisa ia rubah. Ia tidak mampu menggenggam lingkungan.
Jadi, kesimpulan dari semuanya adalah banyak faktor-faktor yang mempengaruhi mengapa anak itu putus sekolah. Ternyata tidak semuanya anak putus sekolah dikarenakan oleh faktor ekonomi saja, meskipun terkadang jika dilihat dari kasat mata anak putus sekolah di dominasi faktor ekonomi, tapi jika dilihat dengan lebih teliti lagi banyak faktor lain yang menyebabkan banyaknya anak putus sekolah. Faktor tersebut ada yang bersifat internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minat dari diri individu tersebut atau motivasi diri yang kurang. Faktor eksternalnya bisa berupa karena faktor sosial budaya yang berkembang, letak geografis dan fasilitas pembelajaran atau faktor infrastruktur yang tidak memadai yang dimana hal itu bisa mengakibatkan anak berkeinginan untuk tidak sekolah dan memilih untuk berhenti atau putus sekolah.
Terima kasih
J

Selasa, 01 Desember 2015

Dua Cermin





Oleh Nur’aeni

Ketika manusia hidup dalam dua cermin
Cermin nyata dan cermin penuh kepalsuan
Kepalsuankah yang bisa menuntunnya dalam kebenaran?
Tidak akan mungkin!

Segala kepalsuan akan menyesatkan liku hidup kita
Kita akan semakin jauh dengan kebenaran
Seolah-olah selalu merasakan kehampaan dalam jiwa

Ketenangan hilang begitu saja
Kecemasan menyelimuti diri
Kegelisahan dan kecemasan selalu setia menemani

Seakan jiwa kita melayang tanpa sadar
Kita menganggap remeh itu semua
Kita berharap kembali
Kembali ke cermin kehidupan yang nyata

Namun apa daya, kita sudah terlalu lama terlena dengan kepalsuan yang ada
Padahal kita tau itu semua tiada berarti,
Apa yang kita cari tak dapat kita temui

Kembalilah, kembali ke cermin nyata penuh makna
Yang mampu menuntun kita menuju kebenaran yang sejati
Bukan kepalsuan yang tak pasti


01 Desember 2015 pukul 21.12

Tugas SMA : Laporan Pengganti Tugas Study Tour



LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas sebagai pengganti kegiatan study tour
Tahun 2013

Dukupuntang, 19 maret 2013
   Penyusun laporan kunjungan

                                                                                                                   NUR’AENI
                                                                                                                    NIS.111210.073

Mengetahui

Wakasek Kurikulum,




 Nono sudarsono, S.Si.
NIP. 19740315 2001012 1 003
        Wakasek Kesiswaan,     




Oding khoerudin, S.Pd
NIP. 19680922 199412  1 001



Mengetahui,
Kepala Sekolah,


Drs. H. Dedi Adiyanto, M.pd
NIP. 19581227 198103 1 008   






KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah SWT  yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Kunjungan atau Observasi ke beberapa tempat yaitu Perguruan Tinggi, Stasiun Televisi, Perusahaan dan Objek Wisata. Laporan ini saya susun untuk memenuhi tugas sekolah sebagai pengganti kegiatan study tour.
Ucapan terimakasih yang tak terhingga saya sampaikan kepada:
1.      Yth. Bapak Kepala SMA Negri 1 Dukupuntang
2.      Yth. Bapak Wakasek Kurikulum SMA Negeri 1 Dukuntang
3.      Yth. Bapak Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Dukupuntang
4.      Yth. Humas dan Pimpinan Universitas IAIN Syekh Nurjati
5.      Yth. Humas Stasiun Televisi RCTV
6.      Yth. Humas Perusahaan Sanggar Batik Katura
7.      Yth. Humas atau pengelola objek wisata LINGGARJATI
8.      Dan semua pihak yang telah membantu lancarnya kegiatan ini.
Saya berharap semoga Laporan Kegiatan Kunjungan ini telah dapat memenuhi kriteria yang diharapkan sebagai pengganti kegiatan Study Tour,sehingga mendapat nilai yang sama atau selaras dengan yang mengikuti Study Tour. Dan semoga dapat bermanfaat bagi semua.
Akhirnya, kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan laporan kegiatan kunjungan ini, semoga allah SWT selamanya memberi rahmat dan karunia-Nya serta balasan yang setimpal. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi sumber pengetahuanyang baik dan benar.


Dukupuntang, 19  maret 2013

                                 Penyusun


                                                                                                                                 NUR’AENI
                                 NIS. 111210.073
Daftar Isi

KATA PENGANTAR ………………………………………………................... 1
Daftar Isi…………………………………………….………2
BAB I             PENDAHULUAN………………………………………………....4
1.         Latar belakang masalah…………………………………………..…...4
2.         Tujuan kegiatan……………………………………………….............4
3.         Sasaran……………………………………………………………..…4
BAB II  LAPORAN KUNJUNGAN…………………………………………....5
1.         Perguruan Tinggi Negeri atau Paforit…………………………….…..5
a.         Nama Perguruan Tinggi……………………………………….....5
b.        Sejarahnya……………………………………………………......5
c.         Fakultas dan Jurusan…………………………………………......6
d.        Prosfek……………………………………………………….…..6
e.         Informasi Lain………………………………………………..…..7
f.         Lembar pengesahan dari perguruan tinggi yang bersangkutan......9
2.         Perusahaan…………………………………………………………...10
a.         Data lengkap tentang perusahaan tersebut……………………...10
b.        Observasi Bidang IPA (Kimia)………………………………....11
c.         Lembar pengesahan dari perusahaan tersebut……………….....12
3.         Stasiun Televisi……………………………………………………...13
a.         Data lengkap tentang stasiun televisi tersebut…………….....…13
b.        Uraian yang berkaitan dengan mata pelajaran :
1)             PAI…………………………….………………………....14
2)             Bahasa Indonesia………………………………………....14
3)             Bahasa Inggris………………………………………...….14
4)             Bahasa Sunda……………………………………………..14
5)             Bahasa Arab…………………………………….………...15
6)             Fisika…………………………………………….…….….15
7)             Matematika………………………………………….…....16
8)             BP/BK…………………………………………………....16
9)             TIK………………………………………………..............17
c.    Lembar pengesahan dari stasiun Televisi tersebut…………….....18
4.         Objek Wisata………………………………………………………...19
a.         Data lengkap tentang Objek Wisata yang dikunjungi……….….19
b.        Uraian yang berkaitan dengan mata pelajaran berikut ini :
1)             Sejarah…………………………………………….…..….20
2)             Pkn ……………………………………………………….21
3)             Penjas ………………………………………………….…22
4)             Plh …………………………………………………….….23
5)             Seni budaya………………………………………….……23
6)             Biologi ……………………………………………...……24
c.       Lembar pengesahan bukti kunjungan pengelola objek wisata….26
BAB III          KESIMPULAN…………………………………………………27
                        LAMPIRAN………………………………………….................28



       BAB I 
       PENDAHULUAN

1.      Latar belakang masalah
Study tour adalah salah satu kegiatan sekolah yang dilaksanakan setiap tahun yang wajib diikuti oleh parasiswa, oleh karena itu bagi siwa yang berhalangan mengikuti study tour siswa wajib membuat laporan hasil kunjungan kebeberapa tempat sperti perguruan tinggi, perusahaan, stasiun televisi, dan objek wisata.

2.      Tujuan
·            Untuk memenuhi tugas sekolah sebagai pengganti study tour.
·            Menambah sikap hidup yang kreatif dan sosial.
·            Menambah dan memperkaya pengetahuan dan wawasan.
·            Memengaruhi gairah belajar.
·            Menjalin kerjasama dengan pihak luar.
·            Untuk refreshing.

3.      Sasaran
      ·            Perguruan Tinggi Negeri atau Paforit
Untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dan menambah wawasan.
·         Perusahaan
Untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dan menambah wawasan.
·         Stasiun Televisi
Untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dan menambah wawasan.
·         Objek Wisata
Untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dan menambah wawasan.





BAB II
LAPORAN KUNJUNGAN

1.        Perguruan Tinggi Negeri atau Pavorit
a.  Nama Perguruan negeri atau pavorit
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON


b. Sejarahnya
 Syekh Nurjati Cirebon tidak dapat terlepas dari sejarah perjuangan umat islam Indonesia khususnya mereka yang ada di Cirebon. Situasi social politik bangsa Indonesia pada awal tahun 1960-an yang diwarnai oleh pihak perkembangan faham komunis (PKI), telah mendorong umat islam untuk menjadi lembaga pendidikan sebagai slah satu medan perjuangan mereka.

Dalam kaitannya itu, kehadirannya Perguruan Tinggi Islam menjadi tuntunan objektif karena banyaknya lulusan sekolah islam, seperti madrasah dan pesantren setingkat sekolah lanjutan atas yang ingin melanjutkan studi dan adanya dorongan untuk menjadi mempersiapkan tenaga birokrasi yang selain itu banyak diisi oleh hasil didikan colonial yang tidak mungkin mengemban asoirasi umat islam.

Dilandasi semangat untuk mencetak sarjana muslim pejuang, maka pada awal tahun 1960-an para aktifis muslim yang tergabung dalam Forum Islamic study club (ISC) Cirebon mendirikan lembaga pendidikan Islam Tinggi yang kemudian diberi nama Universitas Islam Syarif Hidayatrullah (UNISHA) dibawah binaan yayasan pendidikan tinggi Islam Syarif Hidayatullah.

Pada tanggal 12 agustus 1965, salah satu dari tiga Fakultas di lingkungan UNISHA, yaitu Fakultas Agama di negrikan dan diresmikan menjadi Fakultas Tarbiyah al-Jami’ah Syarif Hidayatullah Jakarta Cabang Cirebon. Sedangkan Fakultas lainnya yakni Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi menjadi cabang dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Atas dasar itulah maka tanggal 12 agustus 1965 di jadikan hari jadi IAIN Syekh Nurjat Cirebon.

Dalam perkembangan bereikutnya IAIN Syekh Nurjati Cirebon sempat membuka fakultas ushuludin yang diresmikan pada tahun 1967. Namun, karena kebijakan pemerintah menghendaki adanya rasionalisasi, maka pada tahun 1974 fakultas tersebut ditutup kembali. Kemudian sejalan dengan kebijakan itu pula, pada tanggal 15 maret 1976 fakultas tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dialihkan pembinaannya ke IAIN Gunung Djati Bandung, samapai akhirnya beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon pada tahun 1997, sesuai dengan keputusan presiden Nomor : 11/1997 tanggal 21 maret 1997.

Meskipun alih status dari fakultas tarbiyah IAIN Gunung Djati bandung Cbang Cirebon terjadi pada tanggal 21 maret 1997, hari lahir STAIN Cirebon pada tanggal 12 agustus 1965, yaitu tanggal diresmikannya fakultas tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta Cabang Cirebon.

Dan akhirnya STAIN Cirebon berganti nama menjadi IAIN syekh Nurjati Cirebon setelah mengantongi izin Pertauran Presiden Nomor 48tahun 2009 yang dikeluarkan pada tanggal 10 november 2009 dan perubahan nama tersebut diresmikan mentri agama suryadhama ali di halaman kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

c.    Fakultas di IAIN Syekh Nurjati Saat ini terdiri dari :
Fakultas ADDIN
1.         Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
2.         Jurusan Akidah Filsafat (AF)
3.         Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI)
4.         Jurusan Tafsif Hadis (TH)
5.         Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)

Fakultas Syariah
1.      Jurusan Akhwal Asy-Syakhsiyah (AAS)
2.      Jurusan Muamalat/Ekonomi Perbankan Islam (MEPI)

Fakultas Tarbiyah
1.   Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)
2.   Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
3.   Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI)
4.   Jurusan Tadris Matematika (TMTK)
5.   Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam Biologi (IPA-BIOLOGI)
6.   Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
7.   Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiah (PGMI)
d.  Prospek
IAIN merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang ada di Cirebon oleh karena itu IAIN ini dapat lebih diunggulkan dari pada Perguruan tinggi yang lain di Cirebon serta lebih terjamin kualitasnya.Yang memungkinkan lebih mudahnya mendapat pekerjaan serta biaya kuliah yang relatif lebih murah.

e.     Informasi Lain
Adapun tokoh-tokoh yang pernah memimpin lembaga Pendidikan Islam Tinggi ini sepanjang sejarahnya adalah:
·            Prof. Abdul Kahar Mudzakir : Rektor UNISHA (1962-1963)
·            Brigjen Sudirman : Rektor UNISHA (1964)
·            Prof. M.T.T Abdul Muin : Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN (1965-1972)
·            Prof. H. Zaini Dahlan, MA : Dekan Fakultas Ushuludin  (1967-1974)
·            Drs. H.O Djauharudin AR : Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN (1972-1975)
·            Drs. Salim Umar, MA : Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN (1975-1977)
·            Drs. Marzuki Dimyati : Dekan Fakultas Tarbiyah (1977-1980 dan 1990-1994)
·            Prof. DR. H. Muhaimin, MA : Dekan Fakultas Tarbiyah (1980-1987)
·            Drs. H. Syafiyudin : Dekan Fakultas Tarbiyah (1987-1990)
·            Drs. H. Tauhid : Dekan/Pgs. Ketua STAIN Cirebon (1994-1998)
·            Drs.H. Djono : Ketua STAIN Cirebon (1998-2002)
·            Prof. DR. H. Imron Abdulah, M.Ag : Ketua STAIN Cirebon (2002-2006)
·            Prof. DR. H. Imron Abdulah, M.Ag : Ketua STAIN Cirebon (2006-2010)
·            Prof. DR. H. Imron Abdulah, M.Ag : Pgs. Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon (2009-2010)
·            Prof. DR. Matsna : Pgs. Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon (2010)
·            Prof. DR. H. Maksum Mukhtar, MA : Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon (2011-sekarang)

2.     Perusahaan
a.      Data lengkap tentang perusahaan
Perusahaan ini bernama Sanggar Batik Katura dan sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1974 serta diwariskan secara turun-temurun. Selain memproduksi batik perusahaan ini juga dapat dijadikan sebagai tempat bertanya maupun belajar tentang batik dan membatik. Perusahaan ini terletak di Desa Trusi-Plered kabupaten Cirebon.

           Produksi batik perusahaan ini sudah behasil tembus ke pasar internasional. Konsumen tetap diantaranya adalah jepang dan perancis. Pemesanan produk batik inidapat dilakukan secara online melalui wabsitenya yaitu www.sanggarbatikkatura.com. Harga minimal untuk batik dengan pola desain yang sederhana yaitu satu juta rupiah.

           Lama pengerjaan batik untuk pola yang paling mudah dapat memakan waktu hingga dua bulan lamanya. Pola batik dapat di pesan sesuai dengan keinginan kita.

           Nama Sanggar Batik Katura diambil dari nama sang pemilik perusahaan yaitu dari nama Bapak Katura. Perushaan ini telah mendapat berbagai penghargaan mulai dari dalam negeri hinnga luar negeri.

           Proses pembuatan batik, di mulai dari pemolaan diatas kertas karton lalu diperbaiki di atas kertas minyak. Barulah klain yang telah dipolakan melalui proses canting dan lilin. Setelah itu masuklah ke proses pewarnaan menggunakan pewarna sintesis. Perusahaan ini memilih untuk menggunakan pewarna sintesis karena jumlahnya lebih banyka dari pada menggunakan bahan pewarna yang jumlahnya lebih terbatas.



b.      Observasi Bidang IPA ( kimia )

OBSERVASI BIDANG IPA (KIMIA)
Kunjungan saya ke perusahaan SANGGAR BATIK KATURA mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru bagi saya, yaitu dianataranya :

1.      Perkenalan
            Perusahaan ini bernama SANGGAR BATIK KATURA dan perusahaan ini berdiri sejak puluhan tahun yang lalu serta diwariskan secara turun-temurun.
2.      Wawasan tentang perusahaan
            Sanggar batik katura sukses ini merintis bisnis di Cirebon dari nol. Bermula hanya memperkerjakan dua karyawan pada awal pendiriannya, kini usahanya sudah melibatkan kuran lebih 50 orang karyawan.
            Sanggar katura telah berhasil mempertahankan dan melestarikan motif batik klasik Cirebon sebanyak 412 motif. Beberapa motif batik asli yang mampu diperthankan yakni Mega Mendung, Taman Arum, Naga Seba, Wadasan, dan Singa Payung. Bapak katura sangat peduli dan konsisten menjaga kelestarian motif batik yang hamper punah. Selain peduli batik, dia dikenal sangat peduli seni dan budaya Cirebon.
            Berbagai penghargaan diaterima, termasuk penghargaan Upakarti jasa pelestarian bidang usaha industry batik yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di istana Negara.
3.      Cara kerja perusahaan
Sanggar ini selalu mempertahankan kualitas dan cirri khas batik Cirebon. Sanggar ini pun terus melakukan pengembangan inovasi, motif, dan penambahan ornament-ornamen serta keserasian warna tanpa menghilangkan pakem asli batik Cirebon. Proses pembuatan batik, di mulai dari pemolaan diatas kertas karton lalu diperbaiki diatas kertas minyak. Barulah dipindahkan keatas kain ( jenis mori ). Barulah kain yang telah dipolakan melalui proses pencantingan, menggunakan canting dan lilin. Setelah itu masuklah ke  proses pewarnaan menggunakan pewarna sintesis.
4.      Penggunaan bahan kimia
Seperti industry tekstil pada umumnya industry batik tak lepas dari penggunaan bahan kimia, bahan kimia yang digunakan adalah tunjung (FeSO4), tawas, natrium karbonat/soda  abu (Na2CO3), kapur tohor (CaCO3), bahan ini dapatkan di toko-toko bahan kimia. Peralatan yang digunakan adalah timbangan, ember, panic, kompor, thermometer, pisau dan gunting.

3.     Stasiun televisi
a.      Data lengkap tentang perusahaan
              Radar cirebon ini terlahir pada tanggal 1 september 2008. Radar Cirebon TV  merupakan salah satu stasiun televisi yang ada di se-Wilayah III Cirebon. Jumlah stasiun TV di wilayah III cirebon sebenarnya ada lima stasiun TV dan dari kelima stasiun tersebut RCTV menempati urutan stasiun televisi terbaik ke-Dua.
              Beralamat di jalan perjuangan no.9, gedung tersebut merupakan gedung ke-3 yang dimilik oleh Rdar Cirebon TV. Dengan 3 acara utama dan yang paling favorit dari RCTV adalah wewara Religi dan Musik.
              Tanpa sengaja ketika sore menjelang berbuka puasa Ramadhan 1429 H hari pertama, kami menemukan siaran uji coba Radar Cirebon Televisi (RCTV) yang berada pada frekuensi 25 UHF. Belum lama berdiri Cirebon Televisi (PT. Pelangi Raya Cirebon TV) yang beralamat di Jl.Kriyaba raya Pegambiran Cirebon dan adanya kontraversi PT. Cirebon Televisi Indonesia (Cahaya Televisi) yang beralamat di Kelurahan Argasunya Cirebon. Sinyal siaran uji coba Radar Cirebon Televisi (RCTV) yang masih tersendat-sendat diterima di daerah Sindanglaut Kec. Lemahabang Kab. Cirebon. Walaupun belum banyak informasi yang kami dapat tentang keberadaan RCTV namun mudah-mudahan dapat memberikan iformasi dan menambah content-content lokal di Cirebon.
              Televisi merupakan alat elektronika yang sangat akrab dengan kita. Musik, film, gosip, dan berbagai berita dapat kita lihat dengan tampilan gambar yang menarik. Bagaiman acara kerja televisi sehingga kita bisa melihat acara-acara yang kita sukai mirip dengan aslinya.
            Televisi bekerja dengan cara menerima gelombang elektromagnetik dan merubahnya menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa kita dengar dan lihat.
  Layar televisi menampilkan gambar yang berasal dari ribuan titik-titik kecil (pixel) yang ditembak dengan elektron yang berenergi tinggi. Pixel warna(merah, hijau, biru) inilah yang dikombinasikan dan ditampilkan di layar komputer dalam bentuk gambar seperti yang kita lihat.

cara kerja televisi
            Agar dapat bekerja dan menampilkan gambar dari stasiun TV favoritmu, televisi terdiri dari bagian-bagian yang saling menunjang agar bisa berfungsi. Secara garis besarnya bagian-bagian televisi berupa Antena, Catu daya (power), Tunner, Rangkain detektor video, Rangkain penguat video, dan Rangkain Audio.
b.          Uraian yang berkaitan dengan mata pelajaran :

1.   PAI (Pendidikan Agama Islam)
      Untuk unsur Agama islam Radar Cirebon TV ini mempunyai beberapa acara, diantaranya seperti:
Ø Acara Ngaji bareng Kang japar Sodik dan  Nara Sumbernya sendiri  Kang Japar Sodiknya dan Rangga Putra sebagai Pembawa Acaranya.
Ø Pesona Islami Bersama Ummi Hanna dan Nara Sumbernya sendiri Ummi Hanna dan Ranga Putra sebagai Pembawa Acaranya.
Ø Dan ada juga Acara Senandung Nada dan Dakwah. Dalam acara tersebut mengandung unsur Musik, Tausiah,dan Dzikirnya. Acara tersebut dipimpin oleh Al-Ustad H. Ohar-rohim Muntaha Ma.
Dan masih banyak lagi acara yang lainnya.

2.   Penggunaan Bahasa Indonesia
    Radar Cirebon TV ini sudah menggunakan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, Radar Cirebon TV ini juga tidak hanya menggunakan bahasa khas cirebon atau menghilangkan jati dirinya sebagai televise Cirebon, tetapi Televisi ini menggunakan Bahasa Indonesia dalam acara tertentu. Contohnya seperti dalam acara-acara penting dan tak lupa tembang-tembang yang memaki Bahasa Indonesia.     

3.      Bahasa inggris
      Kahs dengan tembang-tembang pantura, tidakl aneh untuk masyarakat wilayah III Cirebon yang selalu menghibur keseharian dengan music seperti itu. Beberapa orang mungkin tidak menyukai tembang-tembang tersebut namun stasiun televise ini tetap pada khas ala cirebonannya. Walau hanya Televise local, tapi tidak dipungkiri bahwa televise ini tidak menghilang jati dirinya sebagai televise wong Cirebon. Tetapi juga tidak dipungkiri juga bahwa televise ini menggunakan bahasa inggris dalam acara tertentu. Seperti dalam rangka pencerdasan warga masyarakat Indonesia.

4.      Bahasa sunda
Stasiun Televise ini tetap pada khas ala cirebonanya. Walau hanya televise local,  tidak dipungkiri bahwa televise ini tidak menghilang jati dirinya sebagai televise wong Cirebon. Tetapi tidak dipungkiri juga bahwa televise ini menggunakan bahasa sunda dalam acara tertentu.
Contohnya sperti dalam acara tembang subda ataupun mengunjungi tempat-tempat yang terletak didaerah sunda, mereka dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan tersebut.

5.      Bahasa Arab
      Untuk penggunaan Bahasa Arab sendiri Radar Cirebon TV jarang sekali mempergunakan Bahasa tersebut, Mungkin hanya acara-acara musik saja, seperti gambusan dan lainnya.
     Radar Cirebon TV mempergunakan Bahasa Arab jika ada even-event yang berkaitan dengan unsur Bahasa Arab saja, tapi kedepannya Insya Allah akan mencoba mengadakan acara yang bekaitan dengan unsure Bahasa Arabnya.

6.       Fisika

Cara kerja televisi

      Televisi merupakan alat elektronika yang sangat akrab dengan kita. Musik, film, gosip, dan berbagai berita dapat kita lihat dengan tampilan gambar yang menarik. Bagai mana cara kerja televisi sehingga kita bisa melihat acara-acara yang kitai sukai mirip dengan aslinya?
      Televisi bekerja dengan cara menerima gelombang elektromagnetik dan merubahnya menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa kita dengar dan lihat.
      Layar televisi menampilkan gambar yang berasal dari ribuan titik-titik kecil (piksel) yang di tembak dengan elektron yang berenergi tinggi. Piksel warna (merah, hijau, biru) inilah yang di kombinasikan dan di tampilkan di layar komputer dalam bentuk gambar seperti yang kita lihat.
Cara kerja televisi
      Agar dapat bekerja dan menampilkan gambar dari stasiun tv favorit mu, televisi terdiri dari bagaian-bagian yang saling menunjang agar bisa berfungsi. Secara garis besarnya bagian-bagian televisi berupa Antena, Catu daya (power), Tunner, Rangkain detektor video, Rangkain penguat video, dan Rangkain Audio.

7.      Matematika
      Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam bebagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia.
      Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluangh, dan matematika diskrit.
      Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa  depan  diperlukan npenguasaan matematika yang kuat sejak dini. Oleh karena itu stasiun televise ini sangat berpengaruh penting dalam materi matematika.

8.      BP/BK
      Lulusan perguruan tinggi dengan gelar Sarjana, Magister dan Doktoral memiliki kesempatan bekerja pada OI dengan cara berikut :
Internship or Trainee Programmes
      Mayoritas OI memiliki program internship atau trainee yang dimulai beberapa kali dalam setahun dan berlangsung selama 2-6 bulan. Program-program tersebut terbuka untuk mahasiswa program Magister atau Doktoral. Beberapa OI memiliki batas umur maksimal antara 30-35 tahun. Selain persyaratan pendidikan minimal terdapat juga persyaratan kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik dan kemungkinan juga penguasaan bahasa lain.
      Internship (magang) atau trainee adalah cara yang sangat baik untuk mendapatkan pengalaman kerja serta menjalin jaringan (networking) yang dapat berguna untuk mempermudah lamaran pekerjaan pada OI dimasa yang akan datang. Namun internship atau trainee tidak dapat dijadikan patokan untuk mendapatkan pekerjaan di OI tersebut dimasa yang akan datang. Beberapa OI seperti PBB bahkan memiliki peraturan yang tidak memperbolehkan pegawai intern untuk melamar pada posisi-posisi yang terdapat di PBB selama program internship berlangsung dan 6 (enam) bulan setelahnya.
      Bagi yang telah berumur diatas 25 tahun dan memiliki sedikit pengalaman kerja  dapat juga bergabung untuk menjadi UN Volunteer (lihat dibawah).
Young Professional Programmes
Young Professional Programmes ditujukan untuk menarik orang-orang muda yang berbakat dan memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman kerja pada OI. Program-program tersebut pada umumnya berlangsung selama 1-3 tahun.
Walaupun jenia program ini juga tidak menjamin kelanjutan pekerjaan di suatu OI secara otomatis, namun program-program ini sangat kompetitif. Sebagai gambaran, pada tahun 2004, OECD menerima 2,500 lamaran untuk 7 posisi yang ditawarkan. Memiliki pengalaman kerja dan/atau gelar Doktor akan sangat membantu.
9.      TIK
      Penggunaan bahan ajar TIK memungkinkan peserta didik dapat mempelajarai suatu kompetensi dasar (KD) secara runtut, sistematis, interaktif dan inovatif sehingga diharapkan nsemua kompetetnsi tercapai secara utuh terpadu.
      Bahan ajar yang disusun dan dikembangkan dengan menggunakan alat bantu TIK untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan menyusun, menyimpan, memanipulasi data dala berbagai cara untuk menghaswilkan informasi yang berkualitas.

4.      Objek wisata

a.      Data lengkap tentang objek wisata

            Sebelum menjadi Museum Perundingan Linggarjati bangunan ini berupa gubuk milik Ibu Jasitem (1918), kemudian pada tahun 1921 oleh seorang bangsa Belanda bernama Tersana dirombak menjadi rumah semi permanen, pada tahun 1930-1935 setelah dibeli keluarga Van Ost Dome (bangsa belanda) dirombak menjadi rumah tinggal seperti sekarang, kemudian pada tahun (1935-1946) dikontrak Heiker (bangsa Belanda) dijadikan Hotel yang bernama Rus “Toord”.

            Pada tahun 1946 di gedung ini berlangsung peristiwa bersejarah yaitu Perundingan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda yang menghasilkan Naskah Linggarjati sehingga gedung ini sering disebut Gedung Perundingan Linggarjati. Sejak aksi militer tentara Belanda ke-2 1948-1950 gedung dijadikan markas Belanda, kemudian pada tahun 1950-1975 difungsikan menjadi Sekolah Dasar Negeri Linggarjati, selanjutnya pada tahun 1975 Bungg Hatta dan Ibu Syahrir berkunjung dengan membawa pesan bahwa gedung ini akan dipugar oleh pertamina, tetapi usaha ini hanya sampai pembuatan bangunan sekolah untuk Sekolah Negeri Linggarjati yang selanjutnya pada tahun 1976 gedung inmi oleh diserahkan Kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk dijadikan Museum Memorial.

            Museum Perundingan Linggarjati terletak di Desa Linggarjati dan termasuk dalam Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa barat. Desa Linggarjati terletak pada ketinggian 400 meter dari permukaan laut. Desa ini diapit oleh tiga desa, yaitu di sebelah selatan berbatasab dengan Desa Linggamekar, di sebelah utara berbatasab dengan Desa Linggaindah dan di sebelah barat berbatasan dengan Gunung Ciremai. Desa Linggarjati berjarak 35 km dari Cirebon dan 17 km dari Kuningan.

            Bangunan museum berdiri diatas areal seluas 2,4 ha, dengan luas bangunan 800 m2 yang terdiri dari: ruang sidang, ruang kelas, ruang sekretaris, kamar tidur Lord Killeran (Inggris), ruang pertemuan Presiden Soekarno dan Lord Killearn, kamar tidur delegasi Indonesia, ruang makan, kamar mandi/WC, ruang setrika, gudang, bangunan, paviliun, dan bangunan garasi.

b.      Uraian yang berkaitan dengan mata pelajaran.

1)      Sejarah.
   Gedung ini merupakan salah satu bukti sejarah bangsa Indonesia, dimana para tokoh pejuang kemerdekaan telah mengadakan serangkaian perundingan untuk mencari pengakuan kedaulatan. Karena perundingan linggarjati ini perundingan setelah kemerdekaan bangsa Indonesia. Mengapa setelah kemerdekaan masih dilakukan perundingan? Karena pada waktu itu pihak belanda tidak mau mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia pada tahun 1945.
   Perundingan Linggarjati adalah suatu Perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundinganm ini ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta pada 15 November 1946 dan diratifikasi kedua Negara pada 25 Maret 1947.
   Dalam Perundingan ini Indonesia diwakili oleh sutan syahrir, belanda diwakili oleh tim yang disebut Komisi Jendral dan dipimpin oleh Wim schermerhorn dengan anggota H.J. van Mook, dan Lord Killearn dari Inggris bertindak sebagai mediator dalam perundingan ini.

Hasil Perundingan terdiri dari 17 pasal yang antara lain berisi:
1.         Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera, dan Madura.
2.         Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 januari 1949.
3.         Pihak Belanda dan Indonesia Sepakat membentuk Negara RIS.
4.         Dalam bentuk RIS Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth /Persemakmuran Indonesia-Belanda dengan mahkota negeri Belanda sebagai kepala unit.
   Perjuangan melalui diplomasi atau perundingan antara Indonesia atau perundingan antar indonsia dan belanda dengan perantara inggris antara lain
·    Perundingan Linggarjati
·   Perundingan Renville
·   Persetujuan Roem Royen
·   Konferensi Meja Bundar


2)      PKn
Linggarjati adalah kota kecil yang berada disekitar 21 km sebelah barat Cirebon.Di tempat ini pernah diadakan Perundingan Linggarjati yang dilaksanakan pada tanggal 10-15 November 1946.Dalam Perundingan Linggarjati delegasi Indonesia dipimpin oleh perdana Menteri Sutan Syahrir, sedangkan delegasi Belanda diwakili oleh Prof. S.Schemerhorn dan Dr. H,J. Van. Mook. Penengah dan peminpin perundingan dari pihak Inggris, yaitu Lord Killearn. Hasil perundingan diumumkan pada tanggal 15 November 1946 dan telah tersusun sebagai naskah persetujuan yang terdiri atas 17 pasal, antara lain berisi sebagai berikut :
·                 Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan yang meliputi Sumatra, Jawa dan Madura. Belanda harus meninggalkan wilayah de facto paling lambat 1 Januari 1949.
·                 Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama dalam membentuk Negara Indonesia Serikat, dengan nama Republik Indonesia Serikat, yang salah satu bagiannya adalah Republik Indonesia.
·                  Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan mempenbuk Uni Indonesia-Belanda dengan Ratu Belanda sebagai ketuanya.
Hasil perundingan Linggarjati menimbulkan berbagai pendapat pro dan kontra di kalangan partai politik Indonesia.Perundingan Linggarjati merugikan pihak Republik Indonesia karena wilayahnya semakin sempit, yaitu hanya meliputi Jawa, Madura dan Sumatera.
Perundingan Linggarjati tidak menghasilkan perdamaian dan kesepakatan. Belanda bahkan telah melakukan agresi militernya pada tanggal 21 Juli 1947. Hal ini dikenal dengan Agresi Militer I.
Perundingan Linggarjati bagi Belanda hanya dijadikan alat untuk mendatangkan pasukan yang lebih banyak dari negerinya. Untuk memperoleh dalil guna menyerang Republik Indonesia, mereka mengajukan tuntutan sebagai berikut :
·                 Supaya dibentuk pemerintahan federal, sementara yang akan berkuasa di seluruh Indonesia sampai pembentukan Republik Indonesia Serikat. Hal ini berarti Republik Indonesia ditiadakan.
·                 Pembentukan gendermeri (Pasukan Keamanan) bersama yang akan masuk ke daerah Republik Indonesia.
          Republik Indonesia menolak usul itu karena berarti menghancurkan dirinya sendiri. Penolakan itu membuat Belanda melakukan agresi militer terhadap wilayah Republik Indonesia. Serangan Belanda dimulai tanggal 21 Juli 1947 dengan sasaran kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera.

3)         Penjaskes
     Kegiatan kunjungan ke objek wisata saat ini perlu digalakkan. Hal ini dilakukan agar dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional, yaitu meningkatkan ketakwaan terhadapa tuhan yang maha esa, meningkatkan kecerdasan dan keterampilan, dan cinta tanah air.

     Sebagai media pendidikan rekreasi pendidikan mempunyai fungsi antara lain menambah atau memperkaya pengetahuan dan wawasan, memengaruhi gairah belajar, menamabah sikap hidup yang kreatif dan sosial, menanamkan rasa keagungan dan Syukur terhadap Kebesaran Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

         Manfaat serta pentingnya refreshing ini saya rasakan sendiri ketikan menyusun laporan kunjungan. Objek wisata adalah tempat terakhir yang saya dan teman-teman lain kunjungi. Semua rasa penat serta lelah yang saya rasakan saat menunjungi tempat-tempat sebelumnya, dapat terbayar dengan perasaan tenang serta senang yang saya dapatkan ketika mengunjungi tempat wisata linggarjati. Oleh karena itu jangan untuk refreshing disela-sela aktifitas sehari-hari yang kian padat. Jaga tubuh dan kesehatan.

     Kegiatan kunjungan perundingan linggarjati ini dapat dilakukan dengan berbagai macam kegiatan, antara lain sebagai berikut.
1.    Membuat miniatur bangunan bersejarah, kegiatan ini dapat digunakan sebagai sarana pengembangan kreativitas siswa. Kegiatan ini akan lebih meriah dan menarik bila dilombakan, baik antarkelas maupun antarsekolah.

2.    kegiatan lari lintas perundingan, kegiatan larilintas perundingan pada dasarnya sama dengan kegiatan lari lintas pantai. Perbedaannya terletak pada lokasi pelaksanaan kegiatan, yaitu sekitar alam.

4)      PLH
Kelestarian lingkungan di Objek wisata Linggarjati sangat terjaga.Terbukti dengan Keasrian serta kebersihan lingkungan di sekitar objek wisatanya sangat terjaga.Walaupun lingkungan disana tergolong cukup luas tetapi kebersihat dan kerapihannya tetap terjaga.
Kelestarian linngkungan memang sesuatu yang perlu dijaga.Terutama lingkungan ditempat Objek Wisata.Kelestarian suatu objek wisata akan berdampak pada perasaan serta tercapai atau tidaknya tujuan kita ketika berwisata.Salah satu tujuan kita berwisata adalah untuk menyegarkan fikiran.Dengan terjaganya lingkungan di Objek wisata maka tujuan tersebut akan secara otomatis dapat tercapai.Tetepi apabila kelestarian lingkungan tidak terjaga maka tujuan kita berwisata pun tak akan tercapai.Maka dari itu kelestarian lingkungan adalah salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) merupakan suatu tindakan mengambil daya guna alm yang dilakukan oleh settiap manusa dimuka bumi, untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya, sehingga kita sebagai salah satu makhluk hidup yag adda dibumi ini dapat regenerasi dan adaptasi dalam konteks menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Untuk menggalakan perhatian kita kepada pelestarian lingkungan hidup, maka setiap tanggal 5 juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Ditigkat internasional, peringatan Hari Lingkungan Hidup dengan pemberian penghargaan kepad perorangan atau kelompok atas sumbangan yang praktis mereka yang berharga bagi  kelestarian lingkungan atau perbaikan lingkungan hidup tingkat lokal, nasional dan internasional. Pengahargaan ini diberi nama “Global 500”. Di tingkat nasional, indonesia tidak ketinggalan melsetarikan sumber daya alam, yakni dengan memberikan Haiah kalpataru dan adipura.

5.      Seni budaya
·      Bangunan :
              Bangunan gedung linggarjati masih dipertahankan agar mirip dengan aslinya. Jadi walaupun sudah mengalami beberapakali renovasi Gaya arsitekturnya msih dipertahankan seperti yang aslinya.
  Kesan yang didapat ketika melihat bangunan tersebut adalah, tempo dulu. Karena gaya bangunan masih dipertahankan seperti yang asli. Kesan tersebut secara otomatis didapat ketika kita melihat bangunan tersebut, apalagi jika kita mulai masuk kedalamnya. Atap rumah yang tinggi, batu-batu kali yang menempel didinding, tehel berwarna kuning pias, serta jendela-jendala yang ag besar menambah kesan tersebut. Belum lagi ditambah dengan pencahayaan yang temaram di dalam bangunan tersebut.
              Di dalam setiap kamarnya terdapat satu washtafel, karena memang dulunya bangunan tersebut adalah sebuah hotel.
·      Perabotan :
              Perabotan-perabotan yang ada didalam bangunan ini menggunakan perabotan yang dibuat mirip dengan yang aslinya pada zaman dahulu. Dan tentunya perabotan-perabotan disana semuanya bergaya klasik dari mulai jam, lampu, figura juga lemari. Warna perabotannya dipilih agar selaras yaitu warna coklat tua dan abu-abu.
              Di dalam gedung itu terdapat foto-foto peristiwa sejarah baik tentang perundingan linggarjati maupun tentang perundingan lain serta peristiwa yang lain. Foto-foto tersebut adlah foto-foto hasil cetak zaman dahulu, juga ada artikel-artikel bukti sejarah yang diambil dari surat kabar zaman dahulu yang dikumpulkan kemudian dipajang didalam figura. Juga da foto-foto bapak Sukarno serta poster p’ Sukarno.
              Baik dari bangunan maupun perabotan semuanya saling mendukung untuk menciptakan kesan klasik dan tempo dulu didalam bangunan tersebut.

6.      Biologi
         Di Objek Wisata Linggarjati terdapat berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Namun tanaman yang mendominasi adalah tanaman-tanaman hias seperti bougenvile dan cemara. Ada juga pohon Dukuh. Namun disana tak terdapat hewan.
     Flora :   flotra yang terdapat di kawasan ini diantaranya :Bungur Lagerstroemia sp), pasang (Quercus sp), Kiara (Ficus sp), Lemo (Alstonia scholaris), Jamuju (Podocarpus imbricatus) dan Kiacret (Spathodea campulata). Jenis pohon-pohon tersebut tumbuh dengan baik dan kini telah banyak yang berdiameter lebih dari 50 cm dengan tinggi bebas cabang ± 10 meter serta memiliki tajuk yang lebar, hal ini berdampak berkurangnya tumbuhan bawah (di samping karena adanya upaya pemeliharaan). Di sisi lain, keadaan tersebut menimbulkan kenyaman bagi wisatawan karena suasana lebih teduh (dapat menimbulkan iklim mikro).
     Fauna : Jenis fauna yang ada di taman Wisata Alam Linggarjati adalah jenis burung seperti Burung Pipit (Lonchura leucogastoides) dan Kepodang (Oriolus chinensis), jenis satwa lainnya terutama yang memiliki ukuran tubuh cukup besar relatif tidak ada, hal ini disebabkan karena sempitnya kawasan dan intensifnya pengelolaan kawasan.

BAB III
 KESIMPULAN
Syekh Nurjati Cirebon tidak dapat terlepas dari sejarah perjuangan umat islam Indonesia khususnya mereka yang ada di Cirebon. Situasi social politik bangsa Indonesia pada awal tahun 1960-an yang diwarnai oleh pihak perkembangan faham komunis (PKI), telah mendorong umat islam untuk menjadi lembaga pendidikan sebagai slah satu medan perjuangan mereka.
Perusahaan ini bernama Sanggar Batik Katura dan sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1974 serta diwariskan secara turun-temurun. Selain memproduksi batik perusahaan ini juga dapat dijadikan sebagai tempat bertanya maupun belajar tentang batik dan membatik. Perusahaan ini terletak di Desa Trusi-Plered kabupaten Cirebon.
              Radar cirebon ini terlahir pada tanggal 1 september 2008. Radar Cirebon TV  merupakan salah satu stasiun televisi yang ada di se-Wilayah III Cirebon. Jumlah stasiun TV di wilayah III cirebon sebenarnya ada lima stasiun TV dan dari kelima stasiun tersebut RCTV menempati urutan stasiun televisi terbaik ke-Dua.
              Beralamat di jalan perjuangan no.9, gedung tersebut merupakan gedung ke-3 yang dimilik oleh Rdar Cirebon TV. Dengan 3 acara utama dan yang paling favorit dari RCTV adalah wewara Religi dan Musik.
Sebelum menjadi Museum Perundingan Linggarjati bangunan ini berupa gubuk milik Ibu Jasitem (1918), kemudian pada tahun 1921 oleh seorang bangsa Belanda bernama Tersana dirombak menjadi rumah semi permanen, pada tahun 1930-1935 setelah dibeli keluarga Van Ost Dome (bangsa belanda) dirombak menjadi rumah tinggal seperti sekarang, kemudian pada tahun (1935-1946) dikontrak Heiker (bangsa Belanda) dijadikan Hotel yang bernama Rus “Toord”.