LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini disusun untuk memenuhi
tugas sebagai pengganti kegiatan study tour
Tahun 2013
Dukupuntang, 19 maret 2013
Penyusun laporan kunjungan
NUR’AENI
NIS.111210.073
Mengetahui
|
Wakasek Kurikulum,
Nono sudarsono, S.Si.
NIP. 19740315 2001012 1 003
|
Wakasek Kesiswaan,
Oding khoerudin, S.Pd
NIP. 19680922 199412 1 001
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah,
Drs. H. Dedi Adiyanto, M.pd
NIP. 19581227 198103 1 008
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah SWT
yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya sehingga saya dapat
menyelesaikan tugas ini dengan baik. Kunjungan atau Observasi ke beberapa tempat
yaitu Perguruan Tinggi, Stasiun Televisi, Perusahaan dan Objek Wisata. Laporan
ini saya susun untuk memenuhi tugas sekolah sebagai pengganti kegiatan study
tour.
Ucapan terimakasih yang tak terhingga saya sampaikan kepada:
1. Yth.
Bapak Kepala SMA Negri 1 Dukupuntang
2. Yth.
Bapak Wakasek Kurikulum SMA Negeri 1 Dukuntang
3. Yth.
Bapak Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Dukupuntang
4. Yth.
Humas dan Pimpinan Universitas IAIN Syekh Nurjati
5. Yth.
Humas Stasiun Televisi RCTV
6. Yth.
Humas Perusahaan Sanggar
Batik Katura
7. Yth.
Humas atau pengelola objek wisata LINGGARJATI
8. Dan
semua pihak yang telah membantu lancarnya kegiatan ini.
Saya berharap semoga Laporan Kegiatan Kunjungan ini telah dapat memenuhi
kriteria yang diharapkan sebagai pengganti kegiatan Study Tour,sehingga
mendapat nilai yang sama atau selaras dengan yang mengikuti Study Tour. Dan
semoga dapat bermanfaat bagi semua.
Akhirnya, kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan laporan
kegiatan kunjungan ini, semoga allah SWT selamanya memberi rahmat dan
karunia-Nya serta balasan yang setimpal. Semoga makalah ini dapat bermanfaat
dan dapat menjadi sumber pengetahuanyang baik dan benar.
Dukupuntang, 19 maret 2013
Penyusun
NIS.
111210.073
Daftar Isi
KATA PENGANTAR
………………………………………………................... 1
Daftar Isi…………………………………………….………2
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………....4
1.
Latar belakang masalah…………………………………………..…...4
2.
Tujuan kegiatan……………………………………………….............4
3.
Sasaran……………………………………………………………..…4
BAB II LAPORAN KUNJUNGAN…………………………………………....5
1.
Perguruan Tinggi Negeri atau Paforit…………………………….…..5
a.
Nama Perguruan Tinggi……………………………………….....5
b.
Sejarahnya……………………………………………………......5
c.
Fakultas dan Jurusan…………………………………………......6
d.
Prosfek……………………………………………………….…..6
e.
Informasi Lain………………………………………………..…..7
f.
Lembar
pengesahan dari perguruan tinggi yang bersangkutan......9
2.
Perusahaan…………………………………………………………...10
a.
Data lengkap tentang perusahaan tersebut……………………...10
b.
Observasi Bidang IPA (Kimia)………………………………....11
c.
Lembar
pengesahan dari perusahaan tersebut……………….....12
3.
Stasiun Televisi……………………………………………………...13
a.
Data lengkap tentang stasiun televisi tersebut…………….....…13
b.
Uraian yang berkaitan dengan mata pelajaran :
1)
PAI…………………………….………………………....14
2)
Bahasa Indonesia………………………………………....14
3)
Bahasa Inggris………………………………………...….14
4)
Bahasa Sunda……………………………………………..14
5)
Bahasa Arab…………………………………….………...15
6)
Fisika…………………………………………….…….….15
7)
Matematika………………………………………….…....16
8)
BP/BK…………………………………………………....16
9)
TIK………………………………………………..............17
c.
Lembar
pengesahan dari stasiun Televisi tersebut…………….....18
4.
Objek Wisata………………………………………………………...19
a.
Data lengkap tentang Objek Wisata yang
dikunjungi……….….19
b.
Uraian yang berkaitan dengan mata pelajaran
berikut ini :
1)
Sejarah…………………………………………….…..….20
2)
Pkn
……………………………………………………….21
3)
Penjas
………………………………………………….…22
4)
Plh
…………………………………………………….….23
5)
Seni
budaya………………………………………….……23
6)
Biologi
……………………………………………...……24
c.
Lembar
pengesahan bukti kunjungan pengelola objek wisata….26
BAB III KESIMPULAN…………………………………………………27
LAMPIRAN………………………………………….................28
PENDAHULUAN
1. Latar belakang masalah
Study tour adalah salah satu kegiatan sekolah yang dilaksanakan setiap
tahun yang wajib diikuti oleh parasiswa, oleh karena itu bagi siwa yang
berhalangan mengikuti study tour siswa wajib membuat
laporan hasil kunjungan kebeberapa tempat sperti perguruan tinggi, perusahaan,
stasiun televisi, dan objek wisata.
2. Tujuan
·
Untuk
memenuhi tugas sekolah sebagai pengganti study tour.
·
Menambah
sikap hidup yang kreatif dan sosial.
·
Menambah
dan memperkaya pengetahuan dan wawasan.
·
Memengaruhi
gairah belajar.
·
Menjalin
kerjasama dengan pihak luar.
·
Untuk refreshing.
3.
Sasaran
·
Perguruan Tinggi Negeri atau Paforit
Untuk menggali informasi
sebanyak-banyaknya dan menambah wawasan.
·
Perusahaan
Untuk
menggali informasi sebanyak-banyaknya dan menambah wawasan.
·
Stasiun Televisi
Untuk
menggali informasi sebanyak-banyaknya dan menambah wawasan.
·
Objek Wisata
Untuk
menggali informasi sebanyak-banyaknya dan menambah wawasan.
BAB II
LAPORAN
KUNJUNGAN
1.
Perguruan Tinggi Negeri atau Pavorit
a. Nama Perguruan negeri atau pavorit
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
b.
Sejarahnya
Syekh Nurjati Cirebon tidak dapat terlepas dari sejarah
perjuangan umat islam Indonesia khususnya mereka yang ada di Cirebon. Situasi
social politik bangsa Indonesia pada awal tahun 1960-an yang diwarnai oleh
pihak perkembangan faham komunis (PKI),
telah mendorong umat islam untuk menjadi lembaga pendidikan sebagai slah satu
medan perjuangan mereka.
Dalam
kaitannya itu, kehadirannya Perguruan
Tinggi Islam menjadi tuntunan objektif karena banyaknya lulusan sekolah
islam, seperti madrasah dan pesantren setingkat sekolah lanjutan atas yang
ingin melanjutkan studi dan adanya dorongan untuk menjadi mempersiapkan tenaga
birokrasi yang selain itu banyak diisi oleh hasil didikan colonial yang tidak
mungkin mengemban asoirasi umat islam.
Dilandasi
semangat untuk mencetak sarjana muslim pejuang, maka pada awal tahun 1960-an
para aktifis muslim yang tergabung dalam Forum
Islamic study club (ISC) Cirebon mendirikan lembaga pendidikan Islam Tinggi
yang kemudian diberi nama Universitas
Islam Syarif Hidayatrullah (UNISHA) dibawah binaan yayasan pendidikan
tinggi Islam Syarif Hidayatullah.
Pada
tanggal 12 agustus 1965, salah satu dari tiga Fakultas di lingkungan UNISHA, yaitu Fakultas Agama di
negrikan dan diresmikan menjadi Fakultas
Tarbiyah al-Jami’ah Syarif Hidayatullah Jakarta Cabang Cirebon. Sedangkan
Fakultas lainnya yakni Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi menjadi cabang dari
Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Atas dasar itulah maka tanggal 12
agustus 1965 di jadikan hari jadi IAIN
Syekh Nurjat Cirebon.
Dalam
perkembangan bereikutnya IAIN Syekh
Nurjati Cirebon sempat membuka fakultas ushuludin yang diresmikan pada
tahun 1967. Namun, karena kebijakan pemerintah menghendaki adanya
rasionalisasi, maka pada tahun 1974 fakultas tersebut ditutup kembali. Kemudian
sejalan dengan kebijakan itu pula, pada tanggal 15 maret 1976 fakultas tarbiyah
IAIN Syekh Nurjati Cirebon dialihkan
pembinaannya ke IAIN Gunung Djati
Bandung, samapai akhirnya beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon pada tahun 1997,
sesuai dengan keputusan presiden Nomor : 11/1997 tanggal 21 maret 1997.
Meskipun
alih status dari fakultas tarbiyah IAIN
Gunung Djati bandung Cbang Cirebon terjadi pada tanggal 21 maret 1997, hari
lahir STAIN Cirebon pada tanggal 12 agustus 1965, yaitu tanggal diresmikannya
fakultas tarbiyah IAIN Syarif
Hidayatullah Jakarta Cabang Cirebon.
Dan
akhirnya STAIN Cirebon berganti nama menjadi IAIN syekh Nurjati Cirebon setelah
mengantongi izin Pertauran Presiden Nomor
48tahun 2009 yang dikeluarkan pada tanggal 10 november 2009 dan perubahan
nama tersebut diresmikan mentri agama suryadhama ali di halaman kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
c.
Fakultas di IAIN Syekh Nurjati Saat ini
terdiri dari :
Fakultas ADDIN
1.
Jurusan
Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
2.
Jurusan
Akidah Filsafat (AF)
3.
Jurusan
Sejarah Peradaban Islam (SPI)
4.
Jurusan
Tafsif Hadis (TH)
5.
Jurusan
Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)
Fakultas Syariah
1. Jurusan Akhwal Asy-Syakhsiyah (AAS)
2. Jurusan Muamalat/Ekonomi Perbankan
Islam (MEPI)
Fakultas Tarbiyah
1. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
3. Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI)
4. Jurusan Tadris Matematika (TMTK)
5. Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
(IPA-BIOLOGI)
6. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
7. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiah
(PGMI)
d. Prospek
IAIN merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang ada di Cirebon oleh
karena itu IAIN ini dapat lebih diunggulkan dari pada Perguruan tinggi yang lain di Cirebon serta lebih terjamin
kualitasnya.Yang memungkinkan lebih mudahnya mendapat pekerjaan serta biaya
kuliah yang relatif lebih murah.
e.
Informasi Lain
Adapun tokoh-tokoh
yang pernah memimpin lembaga Pendidikan Islam Tinggi ini sepanjang sejarahnya
adalah:
·
Prof.
Abdul Kahar Mudzakir : Rektor UNISHA (1962-1963)
·
Brigjen
Sudirman : Rektor UNISHA (1964)
·
Prof.
M.T.T Abdul Muin : Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN (1965-1972)
·
Prof.
H. Zaini Dahlan, MA : Dekan Fakultas Ushuludin (1967-1974)
·
Drs.
H.O Djauharudin AR : Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN (1972-1975)
·
Drs.
Salim Umar, MA : Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN (1975-1977)
·
Drs.
Marzuki Dimyati : Dekan Fakultas Tarbiyah (1977-1980 dan 1990-1994)
·
Prof.
DR. H. Muhaimin, MA : Dekan Fakultas Tarbiyah (1980-1987)
·
Drs.
H. Syafiyudin : Dekan Fakultas Tarbiyah (1987-1990)
·
Drs.
H. Tauhid : Dekan/Pgs. Ketua STAIN Cirebon (1994-1998)
·
Drs.H.
Djono : Ketua STAIN Cirebon (1998-2002)
·
Prof.
DR. H. Imron Abdulah, M.Ag : Ketua STAIN Cirebon (2002-2006)
·
Prof.
DR. H. Imron Abdulah, M.Ag : Ketua STAIN Cirebon (2006-2010)
·
Prof.
DR. H. Imron Abdulah, M.Ag : Pgs. Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon (2009-2010)
·
Prof.
DR. Matsna : Pgs. Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon (2010)
·
Prof.
DR. H. Maksum Mukhtar, MA : Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon (2011-sekarang)
2. Perusahaan
a. Data lengkap tentang
perusahaan
Perusahaan ini bernama Sanggar Batik Katura dan sudah berdiri sejak puluhan tahun yang
lalu tepatnya pada tahun 1974 serta diwariskan secara turun-temurun. Selain
memproduksi batik perusahaan ini juga dapat dijadikan sebagai tempat bertanya
maupun belajar tentang batik dan membatik. Perusahaan ini terletak di Desa
Trusi-Plered kabupaten Cirebon.
Produksi batik perusahaan ini sudah
behasil tembus ke pasar internasional. Konsumen tetap diantaranya adalah jepang
dan perancis. Pemesanan produk batik inidapat dilakukan secara online melalui
wabsitenya yaitu www.sanggarbatikkatura.com. Harga minimal untuk batik dengan
pola desain yang sederhana yaitu satu juta rupiah.
Lama pengerjaan batik untuk pola
yang paling mudah dapat memakan waktu hingga dua bulan lamanya. Pola batik
dapat di pesan sesuai dengan keinginan kita.
Nama Sanggar Batik Katura diambil dari nama sang pemilik perusahaan
yaitu dari nama Bapak Katura.
Perushaan ini telah mendapat berbagai penghargaan mulai dari dalam negeri
hinnga luar negeri.
Proses pembuatan batik, di mulai
dari pemolaan diatas kertas karton lalu diperbaiki di atas kertas minyak.
Barulah klain yang telah dipolakan melalui proses canting dan lilin. Setelah
itu masuklah ke proses pewarnaan menggunakan pewarna sintesis.
Perusahaan ini memilih untuk menggunakan pewarna sintesis karena jumlahnya
lebih banyka dari pada menggunakan bahan pewarna yang jumlahnya lebih terbatas.
b. Observasi Bidang IPA ( kimia )
OBSERVASI
BIDANG IPA (KIMIA)
Kunjungan saya ke perusahaan SANGGAR BATIK KATURA mendapatkan banyak
informasi dan pengetahuan baru bagi saya, yaitu dianataranya :
1. Perkenalan
Perusahaan ini bernama SANGGAR BATIK KATURA dan perusahaan ini
berdiri sejak puluhan tahun yang lalu serta diwariskan secara turun-temurun.
2. Wawasan tentang
perusahaan
Sanggar batik katura sukses ini
merintis bisnis di Cirebon dari nol. Bermula hanya memperkerjakan dua karyawan
pada awal pendiriannya, kini usahanya sudah melibatkan kuran lebih 50 orang
karyawan.
Sanggar katura telah berhasil
mempertahankan dan melestarikan motif batik klasik Cirebon sebanyak 412 motif.
Beberapa motif batik asli yang mampu diperthankan yakni Mega Mendung, Taman
Arum, Naga Seba, Wadasan, dan Singa Payung. Bapak katura sangat peduli dan
konsisten menjaga kelestarian motif batik yang hamper punah. Selain peduli
batik, dia dikenal sangat peduli seni dan budaya Cirebon.
Berbagai penghargaan diaterima,
termasuk penghargaan Upakarti jasa pelestarian bidang usaha industry batik yang
diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di istana Negara.
3.
Cara
kerja perusahaan
Sanggar ini selalu mempertahankan
kualitas dan cirri khas batik Cirebon. Sanggar ini pun terus melakukan
pengembangan inovasi, motif, dan penambahan ornament-ornamen serta keserasian
warna tanpa menghilangkan pakem asli batik Cirebon. Proses pembuatan batik, di
mulai dari pemolaan diatas kertas karton lalu diperbaiki diatas kertas minyak. Barulah
dipindahkan keatas kain ( jenis mori ). Barulah kain yang telah dipolakan
melalui proses pencantingan, menggunakan canting dan lilin. Setelah itu
masuklah ke proses pewarnaan menggunakan
pewarna sintesis.
4. Penggunaan bahan kimia
Seperti industry tekstil pada
umumnya industry batik tak lepas dari penggunaan bahan kimia, bahan kimia yang
digunakan adalah tunjung (FeSO4), tawas, natrium karbonat/soda abu (Na2CO3), kapur tohor (CaCO3), bahan ini
dapatkan di toko-toko bahan kimia. Peralatan yang digunakan adalah timbangan,
ember, panic, kompor, thermometer, pisau dan gunting.
3. Stasiun
televisi
a.
Data
lengkap tentang perusahaan
Radar cirebon
ini terlahir pada tanggal 1 september 2008. Radar Cirebon TV merupakan salah satu stasiun televisi yang
ada di se-Wilayah III Cirebon. Jumlah stasiun TV di wilayah III cirebon
sebenarnya ada lima stasiun TV dan dari kelima stasiun tersebut RCTV menempati
urutan stasiun televisi terbaik ke-Dua.
Beralamat
di jalan perjuangan no.9, gedung tersebut merupakan gedung ke-3 yang dimilik
oleh Rdar Cirebon TV. Dengan 3 acara utama dan yang paling favorit dari
RCTV adalah wewara Religi dan Musik.
Tanpa
sengaja ketika sore menjelang berbuka puasa Ramadhan 1429 H hari pertama, kami
menemukan siaran uji coba Radar Cirebon Televisi (RCTV) yang berada pada
frekuensi 25 UHF. Belum lama berdiri Cirebon Televisi (PT. Pelangi Raya Cirebon
TV) yang beralamat di Jl.Kriyaba raya Pegambiran Cirebon dan adanya kontraversi
PT. Cirebon Televisi Indonesia (Cahaya Televisi) yang beralamat di Kelurahan
Argasunya Cirebon. Sinyal siaran uji coba Radar Cirebon Televisi (RCTV) yang
masih tersendat-sendat diterima di daerah Sindanglaut Kec. Lemahabang Kab.
Cirebon. Walaupun belum banyak informasi yang kami dapat tentang keberadaan
RCTV namun mudah-mudahan dapat memberikan iformasi dan menambah content-content
lokal di Cirebon.
Televisi merupakan alat elektronika
yang sangat akrab dengan kita. Musik, film, gosip, dan berbagai berita dapat
kita lihat dengan tampilan gambar yang menarik. Bagaiman acara kerja televisi
sehingga kita bisa melihat acara-acara yang kita sukai mirip dengan aslinya.
Televisi bekerja dengan cara menerima gelombang elektromagnetik dan merubahnya menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa kita dengar dan lihat.
Televisi bekerja dengan cara menerima gelombang elektromagnetik dan merubahnya menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa kita dengar dan lihat.
Layar televisi menampilkan gambar yang berasal
dari ribuan titik-titik kecil (pixel) yang ditembak dengan elektron yang
berenergi tinggi. Pixel warna(merah, hijau, biru) inilah yang dikombinasikan
dan ditampilkan di layar komputer dalam bentuk gambar seperti yang kita lihat.
cara kerja televisi
Agar dapat bekerja dan menampilkan gambar dari stasiun TV favoritmu, televisi terdiri dari bagian-bagian yang saling menunjang agar bisa berfungsi. Secara garis besarnya bagian-bagian televisi berupa Antena, Catu daya (power), Tunner, Rangkain detektor video, Rangkain penguat video, dan Rangkain Audio.
b.
Uraian
yang berkaitan dengan mata pelajaran :
1.
PAI
(Pendidikan Agama Islam)
Untuk unsur Agama islam Radar
Cirebon TV ini mempunyai beberapa acara, diantaranya seperti:
Ø
Acara
Ngaji bareng Kang japar Sodik dan Nara
Sumbernya sendiri Kang Japar Sodiknya
dan Rangga Putra sebagai Pembawa Acaranya.
Ø
Pesona
Islami Bersama Ummi Hanna dan Nara Sumbernya sendiri Ummi Hanna dan Ranga Putra
sebagai Pembawa Acaranya.
Ø
Dan
ada juga Acara Senandung Nada dan Dakwah. Dalam acara tersebut mengandung unsur
Musik, Tausiah,dan Dzikirnya. Acara tersebut dipimpin oleh Al-Ustad H. Ohar-rohim
Muntaha Ma.
Dan masih
banyak lagi acara yang lainnya.
2.
Penggunaan Bahasa Indonesia
Radar Cirebon TV ini sudah menggunakan
penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, Radar Cirebon TV ini juga
tidak hanya menggunakan bahasa khas cirebon atau menghilangkan jati dirinya
sebagai televise Cirebon, tetapi Televisi ini menggunakan Bahasa Indonesia
dalam acara tertentu. Contohnya seperti dalam acara-acara penting dan tak lupa
tembang-tembang yang memaki Bahasa Indonesia.
3.
Bahasa
inggris
Kahs
dengan tembang-tembang pantura, tidakl aneh untuk masyarakat wilayah III
Cirebon yang selalu menghibur keseharian dengan music seperti itu. Beberapa
orang mungkin tidak menyukai tembang-tembang tersebut namun stasiun televise
ini tetap pada khas ala cirebonannya. Walau hanya Televise local, tapi tidak
dipungkiri bahwa televise ini tidak menghilang jati dirinya sebagai televise
wong Cirebon. Tetapi juga tidak dipungkiri juga bahwa televise ini menggunakan
bahasa inggris dalam acara tertentu. Seperti dalam rangka pencerdasan warga
masyarakat Indonesia.
4.
Bahasa
sunda
Stasiun Televise ini tetap pada khas ala cirebonanya. Walau hanya
televise local, tidak dipungkiri bahwa
televise ini tidak menghilang jati dirinya sebagai televise wong Cirebon.
Tetapi tidak dipungkiri juga bahwa televise ini menggunakan bahasa sunda dalam
acara tertentu.
Contohnya
sperti dalam acara tembang subda ataupun mengunjungi tempat-tempat yang
terletak didaerah sunda, mereka dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan tersebut.
5.
Bahasa
Arab
Untuk penggunaan Bahasa Arab sendiri Radar Cirebon TV jarang sekali
mempergunakan Bahasa tersebut, Mungkin hanya acara-acara musik saja, seperti
gambusan dan lainnya.
Radar Cirebon TV mempergunakan Bahasa Arab jika ada even-event yang
berkaitan dengan unsur Bahasa Arab saja, tapi kedepannya Insya Allah akan mencoba
mengadakan acara yang bekaitan dengan unsure Bahasa Arabnya.
6.
Fisika
Cara kerja televisi
Televisi merupakan alat elektronika yang sangat akrab dengan kita.
Musik, film, gosip, dan berbagai berita dapat kita lihat dengan tampilan gambar
yang menarik. Bagai mana cara kerja televisi sehingga kita bisa melihat
acara-acara yang kitai sukai mirip dengan aslinya?
Televisi bekerja dengan cara menerima gelombang elektromagnetik dan
merubahnya menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa kita dengar dan lihat.
Layar televisi menampilkan gambar yang berasal dari ribuan
titik-titik kecil (piksel) yang di tembak dengan elektron yang berenergi
tinggi. Piksel warna (merah, hijau, biru) inilah yang di kombinasikan dan di
tampilkan di layar komputer dalam bentuk gambar seperti yang kita lihat.
Cara
kerja televisi
Agar dapat bekerja dan menampilkan gambar dari stasiun tv favorit
mu, televisi terdiri dari bagaian-bagian yang saling menunjang agar bisa
berfungsi. Secara garis besarnya bagian-bagian televisi berupa Antena, Catu
daya (power), Tunner, Rangkain detektor video, Rangkain penguat video, dan
Rangkain Audio.
7.
Matematika
Matematika
merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern,
mempunyai peran penting dalam bebagai disiplin dan mengembangkan daya pikir
manusia.
Perkembangan
pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh
perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori
peluangh, dan matematika diskrit.
Untuk
menguasai dan mencipta teknologi di masa
depan diperlukan npenguasaan
matematika yang kuat sejak dini. Oleh karena itu stasiun televise ini sangat
berpengaruh penting dalam materi matematika.
8.
BP/BK
Lulusan
perguruan tinggi dengan gelar Sarjana, Magister dan Doktoral memiliki
kesempatan bekerja pada OI dengan cara berikut :
Internship or Trainee Programmes
Mayoritas
OI memiliki program internship atau trainee yang dimulai beberapa kali dalam
setahun dan berlangsung selama 2-6 bulan. Program-program tersebut terbuka
untuk mahasiswa program Magister atau Doktoral. Beberapa OI memiliki batas umur
maksimal antara 30-35 tahun. Selain persyaratan pendidikan minimal terdapat
juga persyaratan kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik dan kemungkinan juga
penguasaan bahasa lain.
Internship
(magang) atau trainee adalah cara yang sangat baik untuk mendapatkan pengalaman
kerja serta menjalin jaringan (networking) yang dapat berguna untuk mempermudah
lamaran pekerjaan pada OI dimasa yang akan datang. Namun internship atau
trainee tidak dapat dijadikan patokan untuk mendapatkan pekerjaan di OI
tersebut dimasa yang akan datang. Beberapa OI seperti PBB bahkan memiliki
peraturan yang tidak memperbolehkan pegawai intern untuk melamar pada
posisi-posisi yang terdapat di PBB selama program internship berlangsung dan 6
(enam) bulan setelahnya.
Bagi
yang telah berumur diatas 25 tahun dan memiliki sedikit pengalaman kerja
dapat juga bergabung untuk menjadi UN Volunteer (lihat dibawah).
Young Professional Programmes
Young Professional Programmes ditujukan untuk menarik orang-orang
muda yang berbakat dan memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman kerja
pada OI. Program-program tersebut pada umumnya berlangsung selama 1-3 tahun.
Walaupun jenia program ini juga tidak menjamin kelanjutan pekerjaan
di suatu OI secara otomatis, namun program-program ini sangat kompetitif.
Sebagai gambaran, pada tahun 2004, OECD menerima 2,500 lamaran untuk 7 posisi
yang ditawarkan. Memiliki pengalaman kerja dan/atau gelar Doktor akan sangat
membantu.
9.
TIK
Penggunaan
bahan ajar TIK memungkinkan peserta didik dapat mempelajarai suatu kompetensi
dasar (KD) secara runtut, sistematis, interaktif dan inovatif sehingga
diharapkan nsemua kompetetnsi tercapai secara utuh terpadu.
Bahan
ajar yang disusun dan dikembangkan dengan menggunakan alat bantu TIK untuk
mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan menyusun, menyimpan,
memanipulasi data dala berbagai cara untuk menghaswilkan informasi yang
berkualitas.
4. Objek wisata
a. Data lengkap tentang objek wisata
Sebelum menjadi Museum Perundingan
Linggarjati bangunan ini berupa gubuk milik Ibu Jasitem (1918), kemudian pada
tahun 1921 oleh seorang bangsa Belanda bernama Tersana dirombak menjadi rumah
semi permanen, pada tahun 1930-1935 setelah dibeli keluarga Van Ost Dome
(bangsa belanda) dirombak menjadi rumah tinggal seperti sekarang, kemudian pada
tahun (1935-1946) dikontrak Heiker (bangsa Belanda) dijadikan Hotel yang
bernama Rus “Toord”.
Pada tahun 1946 di gedung ini
berlangsung peristiwa bersejarah yaitu Perundingan antara Pemerintah Indonesia
dengan Pemerintah Belanda yang menghasilkan Naskah Linggarjati sehingga gedung
ini sering disebut Gedung Perundingan Linggarjati. Sejak aksi militer tentara
Belanda ke-2 1948-1950 gedung dijadikan markas Belanda, kemudian pada tahun
1950-1975 difungsikan menjadi Sekolah Dasar Negeri Linggarjati, selanjutnya
pada tahun 1975 Bungg Hatta dan Ibu Syahrir berkunjung dengan membawa pesan
bahwa gedung ini akan dipugar oleh pertamina, tetapi usaha ini hanya sampai
pembuatan bangunan sekolah untuk Sekolah Negeri Linggarjati yang selanjutnya
pada tahun 1976 gedung inmi oleh diserahkan Kepada Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan untuk dijadikan Museum Memorial.
Museum Perundingan Linggarjati
terletak di Desa Linggarjati dan termasuk dalam Kecamatan Cilimus, Kabupaten
Kuningan, Jawa barat. Desa Linggarjati terletak pada ketinggian 400 meter dari
permukaan laut. Desa ini diapit oleh tiga desa, yaitu di sebelah selatan
berbatasab dengan Desa Linggamekar, di sebelah utara berbatasab dengan Desa
Linggaindah dan di sebelah barat berbatasan dengan Gunung Ciremai. Desa
Linggarjati berjarak 35 km dari Cirebon dan 17 km dari Kuningan.
Bangunan
museum berdiri diatas areal seluas 2,4 ha, dengan luas bangunan 800 m2 yang
terdiri dari: ruang sidang, ruang kelas, ruang sekretaris, kamar tidur Lord
Killeran (Inggris), ruang pertemuan Presiden Soekarno dan Lord Killearn, kamar
tidur delegasi Indonesia, ruang makan, kamar mandi/WC, ruang setrika, gudang,
bangunan, paviliun, dan bangunan garasi.
b. Uraian yang berkaitan dengan mata pelajaran.
1) Sejarah.
Gedung ini merupakan salah satu bukti sejarah
bangsa Indonesia, dimana para tokoh pejuang kemerdekaan telah mengadakan
serangkaian perundingan untuk mencari pengakuan kedaulatan. Karena perundingan linggarjati ini
perundingan setelah kemerdekaan bangsa Indonesia. Mengapa setelah kemerdekaan
masih dilakukan perundingan? Karena pada waktu itu pihak belanda tidak mau
mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia pada tahun 1945.
Perundingan Linggarjati adalah suatu Perundingan antara Indonesia dan
Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai
status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundinganm ini ditandatangani di Istana
Merdeka Jakarta pada 15 November 1946 dan diratifikasi kedua Negara pada 25
Maret 1947.
Dalam Perundingan ini Indonesia diwakili oleh sutan syahrir, belanda diwakili oleh tim yang disebut Komisi
Jendral dan dipimpin oleh Wim
schermerhorn dengan anggota H.J. van
Mook, dan Lord Killearn dari
Inggris bertindak sebagai mediator dalam perundingan ini.
Hasil Perundingan terdiri dari 17
pasal yang antara lain berisi:
1.
Belanda
mengakui secara de facto wilayah Republik
Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera, dan Madura.
2.
Belanda
harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 januari 1949.
3.
Pihak
Belanda dan Indonesia Sepakat membentuk Negara RIS.
4.
Dalam
bentuk RIS Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth /Persemakmuran
Indonesia-Belanda dengan mahkota negeri Belanda sebagai kepala unit.
Perjuangan melalui diplomasi atau
perundingan antara Indonesia atau perundingan antar indonsia dan belanda dengan
perantara inggris antara lain
·
Perundingan Linggarjati
·
Perundingan
Renville
·
Persetujuan
Roem Royen
·
Konferensi
Meja Bundar
2) PKn
Linggarjati adalah kota kecil yang
berada disekitar 21 km sebelah barat Cirebon.Di tempat ini pernah diadakan
Perundingan Linggarjati yang dilaksanakan pada tanggal 10-15 November
1946.Dalam Perundingan Linggarjati delegasi Indonesia dipimpin oleh perdana
Menteri Sutan Syahrir, sedangkan delegasi Belanda diwakili oleh Prof.
S.Schemerhorn dan Dr. H,J. Van. Mook. Penengah dan peminpin perundingan dari
pihak Inggris, yaitu Lord Killearn. Hasil perundingan diumumkan pada tanggal 15
November 1946 dan telah tersusun sebagai naskah persetujuan yang terdiri atas
17 pasal, antara lain berisi sebagai berikut :
·
Belanda mengakui secara de facto Republik
Indonesia dengan wilayah kekuasaan yang meliputi Sumatra, Jawa dan Madura.
Belanda harus meninggalkan wilayah de facto paling lambat 1 Januari 1949.
·
Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama
dalam membentuk Negara Indonesia Serikat, dengan nama Republik Indonesia
Serikat, yang salah satu bagiannya adalah Republik Indonesia.
·
Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan
mempenbuk Uni Indonesia-Belanda dengan Ratu Belanda sebagai ketuanya.
Hasil perundingan Linggarjati
menimbulkan berbagai pendapat pro dan kontra di kalangan partai politik
Indonesia.Perundingan Linggarjati merugikan pihak Republik Indonesia karena
wilayahnya semakin sempit, yaitu hanya meliputi Jawa, Madura dan Sumatera.
Perundingan Linggarjati tidak
menghasilkan perdamaian dan kesepakatan. Belanda bahkan telah melakukan agresi
militernya pada tanggal 21 Juli 1947. Hal ini dikenal dengan Agresi Militer I.
Perundingan Linggarjati bagi Belanda
hanya dijadikan alat untuk mendatangkan pasukan yang lebih banyak dari
negerinya. Untuk memperoleh dalil guna menyerang Republik Indonesia, mereka
mengajukan tuntutan sebagai berikut :
·
Supaya dibentuk pemerintahan federal, sementara
yang akan berkuasa di seluruh Indonesia sampai pembentukan Republik Indonesia
Serikat. Hal ini berarti Republik Indonesia ditiadakan.
·
Pembentukan gendermeri (Pasukan Keamanan)
bersama yang akan masuk ke daerah Republik Indonesia.
Republik
Indonesia menolak usul itu karena berarti menghancurkan dirinya sendiri.
Penolakan itu membuat Belanda melakukan agresi militer terhadap wilayah
Republik Indonesia. Serangan Belanda dimulai tanggal 21 Juli 1947 dengan
sasaran kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera.
3)
Penjaskes
Kegiatan kunjungan ke objek wisata
saat ini perlu digalakkan. Hal ini dilakukan agar dapat membantu tercapainya
tujuan pendidikan nasional, yaitu meningkatkan ketakwaan terhadapa tuhan yang
maha esa, meningkatkan kecerdasan dan keterampilan, dan cinta tanah air.
Sebagai
media pendidikan rekreasi pendidikan mempunyai fungsi antara lain menambah atau
memperkaya pengetahuan dan wawasan, memengaruhi gairah belajar, menamabah sikap
hidup yang kreatif dan sosial, menanamkan rasa keagungan dan Syukur terhadap
Kebesaran Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Manfaat
serta pentingnya refreshing ini saya rasakan sendiri ketikan menyusun laporan
kunjungan. Objek wisata adalah tempat terakhir yang saya dan teman-teman lain
kunjungi. Semua rasa penat serta lelah yang saya rasakan saat menunjungi
tempat-tempat sebelumnya, dapat terbayar dengan perasaan tenang serta senang
yang saya dapatkan ketika mengunjungi tempat wisata linggarjati. Oleh karena
itu jangan untuk refreshing disela-sela aktifitas sehari-hari yang kian padat.
Jaga tubuh dan kesehatan.
Kegiatan
kunjungan perundingan linggarjati ini dapat dilakukan dengan berbagai macam
kegiatan, antara lain sebagai berikut.
1.
Membuat miniatur bangunan bersejarah, kegiatan
ini dapat digunakan sebagai sarana pengembangan kreativitas siswa. Kegiatan ini
akan lebih meriah dan menarik bila dilombakan, baik antarkelas maupun
antarsekolah.
2.
kegiatan lari lintas perundingan, kegiatan
larilintas perundingan pada dasarnya sama dengan kegiatan lari lintas pantai.
Perbedaannya terletak pada lokasi pelaksanaan kegiatan, yaitu sekitar alam.
4) PLH
Kelestarian lingkungan di Objek
wisata Linggarjati sangat terjaga.Terbukti dengan Keasrian serta kebersihan
lingkungan di sekitar objek wisatanya sangat terjaga.Walaupun lingkungan disana
tergolong cukup luas tetapi kebersihat dan kerapihannya tetap terjaga.
Kelestarian linngkungan memang sesuatu yang perlu
dijaga.Terutama lingkungan ditempat Objek Wisata.Kelestarian suatu objek wisata
akan berdampak pada perasaan serta tercapai atau tidaknya tujuan kita ketika
berwisata.Salah satu tujuan kita berwisata adalah untuk menyegarkan
fikiran.Dengan terjaganya lingkungan di Objek wisata maka tujuan tersebut akan
secara otomatis dapat tercapai.Tetepi apabila kelestarian lingkungan tidak terjaga
maka tujuan kita berwisata pun tak akan tercapai.Maka dari itu kelestarian
lingkungan adalah salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan.
Pemanfaatan
Sumber Daya Alam (SDA) merupakan suatu tindakan mengambil daya guna alm yang
dilakukan oleh settiap manusa dimuka bumi, untuk mempertahankan keberlangsungan
hidupnya, sehingga kita sebagai salah satu makhluk hidup yag adda dibumi ini
dapat regenerasi dan adaptasi dalam konteks menyesuaikan diri dengan
lingkungannya.
Untuk menggalakan
perhatian kita kepada pelestarian lingkungan hidup, maka setiap tanggal 5 juni
diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Ditigkat internasional,
peringatan Hari Lingkungan Hidup dengan pemberian penghargaan kepad perorangan
atau kelompok atas sumbangan yang praktis mereka yang berharga bagi kelestarian lingkungan atau perbaikan
lingkungan hidup tingkat lokal, nasional dan internasional. Pengahargaan ini
diberi nama “Global 500”. Di tingkat nasional, indonesia tidak ketinggalan
melsetarikan sumber daya alam, yakni dengan memberikan Haiah kalpataru dan
adipura.
5. Seni
budaya
·
Bangunan :
Bangunan
gedung linggarjati masih dipertahankan agar mirip dengan aslinya. Jadi walaupun
sudah mengalami beberapakali renovasi Gaya arsitekturnya msih dipertahankan
seperti yang aslinya.
Kesan
yang didapat ketika melihat bangunan tersebut adalah, tempo dulu. Karena gaya
bangunan masih dipertahankan seperti yang asli. Kesan tersebut secara otomatis
didapat ketika kita melihat bangunan tersebut, apalagi jika kita mulai masuk
kedalamnya. Atap rumah yang tinggi, batu-batu kali yang menempel didinding,
tehel berwarna kuning pias, serta jendela-jendala yang ag besar menambah kesan
tersebut. Belum lagi ditambah dengan pencahayaan yang temaram di dalam bangunan
tersebut.
Di dalam setiap kamarnya terdapat satu washtafel, karena
memang dulunya bangunan tersebut adalah sebuah hotel.
·
Perabotan :
Perabotan-perabotan yang ada didalam bangunan ini
menggunakan perabotan yang dibuat mirip dengan yang aslinya pada zaman dahulu.
Dan tentunya perabotan-perabotan disana semuanya bergaya klasik dari mulai jam,
lampu, figura juga lemari. Warna perabotannya dipilih agar selaras yaitu warna
coklat tua dan abu-abu.
Di dalam gedung itu terdapat foto-foto peristiwa sejarah
baik tentang perundingan linggarjati maupun tentang perundingan lain serta
peristiwa yang lain. Foto-foto tersebut adlah foto-foto hasil cetak zaman
dahulu, juga ada artikel-artikel bukti sejarah yang diambil dari surat kabar
zaman dahulu yang dikumpulkan kemudian dipajang didalam figura. Juga da
foto-foto bapak Sukarno serta poster p’ Sukarno.
Baik dari bangunan maupun
perabotan semuanya saling mendukung untuk menciptakan kesan klasik dan tempo
dulu didalam bangunan tersebut.
6. Biologi
Di
Objek Wisata Linggarjati terdapat berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Namun tanaman
yang mendominasi adalah tanaman-tanaman hias seperti bougenvile dan cemara. Ada
juga pohon Dukuh. Namun disana tak terdapat hewan.
Flora
: flotra yang terdapat di kawasan ini
diantaranya :Bungur Lagerstroemia sp), pasang
(Quercus sp),
Kiara (Ficus sp), Lemo (Alstonia scholaris), Jamuju (Podocarpus imbricatus) dan Kiacret (Spathodea campulata). Jenis pohon-pohon tersebut tumbuh dengan baik dan kini telah banyak yang
berdiameter lebih dari 50 cm dengan tinggi bebas cabang ± 10 meter serta
memiliki tajuk yang lebar, hal ini berdampak berkurangnya tumbuhan bawah (di
samping karena adanya upaya pemeliharaan). Di sisi lain, keadaan tersebut
menimbulkan kenyaman bagi wisatawan karena suasana lebih teduh (dapat
menimbulkan iklim mikro).
Fauna
: Jenis fauna yang ada di taman
Wisata Alam Linggarjati adalah
jenis burung seperti Burung Pipit (Lonchura leucogastoides) dan Kepodang
(Oriolus chinensis), jenis satwa lainnya terutama yang memiliki ukuran tubuh
cukup besar relatif tidak ada, hal ini disebabkan karena sempitnya kawasan dan
intensifnya pengelolaan kawasan.
BAB III
KESIMPULAN
Syekh Nurjati Cirebon tidak dapat
terlepas dari sejarah perjuangan umat islam Indonesia khususnya mereka yang ada
di Cirebon. Situasi social politik bangsa Indonesia pada awal tahun 1960-an
yang diwarnai oleh pihak perkembangan faham komunis (PKI), telah mendorong umat islam untuk menjadi lembaga pendidikan
sebagai slah satu medan perjuangan mereka.
Perusahaan ini bernama Sanggar
Batik Katura dan sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu tepatnya pada
tahun 1974 serta diwariskan secara turun-temurun. Selain memproduksi batik
perusahaan ini juga dapat dijadikan sebagai tempat bertanya maupun belajar
tentang batik dan membatik. Perusahaan ini terletak di Desa Trusi-Plered
kabupaten Cirebon.
Radar cirebon
ini terlahir pada tanggal 1 september 2008. Radar Cirebon TV merupakan salah satu stasiun televisi yang
ada di se-Wilayah III Cirebon. Jumlah stasiun TV di wilayah III cirebon
sebenarnya ada lima stasiun TV dan dari kelima stasiun tersebut RCTV menempati
urutan stasiun televisi terbaik ke-Dua.
Beralamat
di jalan perjuangan no.9, gedung tersebut merupakan gedung ke-3 yang dimilik
oleh Rdar Cirebon TV. Dengan 3 acara utama dan yang paling favorit dari
RCTV adalah wewara Religi dan Musik.
Sebelum menjadi Museum Perundingan
Linggarjati bangunan ini berupa gubuk milik Ibu Jasitem (1918), kemudian pada
tahun 1921 oleh seorang bangsa Belanda bernama Tersana dirombak menjadi rumah
semi permanen, pada tahun 1930-1935 setelah dibeli keluarga Van Ost Dome
(bangsa belanda) dirombak menjadi rumah tinggal seperti sekarang, kemudian pada
tahun (1935-1946) dikontrak Heiker (bangsa Belanda) dijadikan Hotel yang
bernama Rus “Toord”.



