Start

Selasa, 19 April 2016

Pelatihan tentang Keadministrasian suatu organisasi oleh SEMA Fakultas UAD



By Nur’aeni
Cirebon, 19/04/2016 Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (SEMA FAK. UAD) Institut Agama Islam Negeri Cirebon telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan tentang keadministrasian kepada para mahasiswa di Gedung UAD IAIN Cirebon. kegiatan pelatihan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari anggota HMJ di setiap jurusannya, yaitu HMJ Jurusan PMI (Pengembangan Masyarakat Islam), BKI (Bimbingan Konseling Islam), SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), AF (Aqidah Filsafat), IAT (Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir), dan KPI (Komunikasi Penyiaran Islam). Tema dalam kegiatan pelatihan ini adalah “Mengawali Kapasitas dan Kualitas Organisasi Melalui Tertib Administrasi”. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Dekan Fakultas UAD Bapak Dr. Hajam, M.Ag dan materi tentang keadministrasian disampaikan oleh Bapak Ayub Al-Ansori selaku Alumni IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang pernah berpengalaman menjabat sebagai Sekretaris di HMJ Biologi.

Mengingat masih banyak mahasiswa yang merasa kesulitan dalam hal administrasi khususnya surat menyurat dalam sebuah organisasi. Senat Mahasiswa (SEMA) sengaja mengadakan kegiatan pelatihan ini dengan tujuan agar setiap mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang ketertiban administrasi dalam sebuah organisasi dan tidak merasa kesulitan ketika sedang menjabat sebagai Sekretaris ataupun lainnya. Dengan kegiatan ini bisa meminimalisir kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam hal administrasi tersebut. “Diadakannya kegiatan pelatihan ini agar organisasi yang ada di Fakultas UAD khususnya mampu bersaing dengan organisasi lainnya dalam hal administrasi”, ungkap Abdul Rosyid selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.

Kegiatan pelatihan ini diadakan untuk bisa bisa menertibkan administrasi setiap organisasi. “Dalam diadakannya kegiatan in dapat memberikan wawasan keilmuan dalam hal administrasi, dan saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini, ini penting karena administrasi merupakan jantungnya organisasi, jadi administrasi begitu perlu karena merupakan sebuah arsip penting yang perlu dirapihkan”, Ungkap Pak Hajam selaku Dekan Fakultas UAD.

Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan baik, dan memunculkan banyak pertanyaan sebagai rasa keantusiasan yang tinggi bagi para mahasiswa yang hadir. Harapannya, setelah selesainya kegiatan ini, para mahasiswa dapat memperbaiki administrasi keorganisasian mereka dengan rapih dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar: