By Nur’aeni
Cirebon, 19/04/2016 Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin
Adab dan Dakwah (SEMA FAK. UAD) Institut Agama Islam Negeri Cirebon telah
menyelenggarakan kegiatan pelatihan tentang keadministrasian kepada para
mahasiswa di Gedung UAD IAIN Cirebon. kegiatan pelatihan ini diikuti oleh perwakilan
mahasiswa dari anggota HMJ di setiap jurusannya, yaitu HMJ Jurusan PMI
(Pengembangan Masyarakat Islam), BKI (Bimbingan Konseling Islam), SKI (Sejarah
Kebudayaan Islam), AF (Aqidah Filsafat), IAT (Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir), dan
KPI (Komunikasi Penyiaran Islam). Tema dalam kegiatan pelatihan ini adalah “Mengawali
Kapasitas dan Kualitas Organisasi Melalui Tertib Administrasi”. Kegiatan pelatihan
ini dibuka oleh Dekan Fakultas UAD Bapak Dr. Hajam, M.Ag dan materi tentang
keadministrasian disampaikan oleh Bapak Ayub Al-Ansori selaku Alumni IAIN Syekh
Nurjati Cirebon yang pernah berpengalaman menjabat sebagai Sekretaris di HMJ
Biologi.
Mengingat masih banyak mahasiswa yang merasa kesulitan
dalam hal administrasi khususnya surat menyurat dalam sebuah organisasi. Senat
Mahasiswa (SEMA) sengaja mengadakan kegiatan pelatihan ini dengan tujuan agar
setiap mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang ketertiban administrasi
dalam sebuah organisasi dan tidak merasa kesulitan ketika sedang menjabat sebagai
Sekretaris ataupun lainnya. Dengan kegiatan ini bisa meminimalisir kesulitan
yang dialami oleh mahasiswa dalam hal administrasi tersebut. “Diadakannya
kegiatan pelatihan ini agar organisasi yang ada di Fakultas UAD khususnya mampu
bersaing dengan organisasi lainnya dalam hal administrasi”, ungkap Abdul Rosyid
selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.
Kegiatan pelatihan ini diadakan untuk bisa bisa
menertibkan administrasi setiap organisasi. “Dalam diadakannya kegiatan in
dapat memberikan wawasan keilmuan dalam hal administrasi, dan saya memberikan
penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) yang
telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini, ini penting karena administrasi
merupakan jantungnya organisasi, jadi administrasi begitu perlu karena
merupakan sebuah arsip penting yang perlu dirapihkan”, Ungkap Pak Hajam selaku
Dekan Fakultas UAD.
Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan baik, dan
memunculkan banyak pertanyaan sebagai rasa keantusiasan yang tinggi bagi para
mahasiswa yang hadir. Harapannya, setelah selesainya kegiatan ini, para
mahasiswa dapat memperbaiki administrasi keorganisasian mereka dengan rapih dan
sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar